Pariwara
Metro Kendari

Perpres Nomor 16 Gantikan Perpres 54, Tentang Pengadaan Barang dan Jasa

PERPRES : Para SKPD, PPK, KPA, PPTK serta pejabat pengadaan barang dan jasa di jajaran Pemprov Sultra saat sosialisasi Perpres Nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah. Perpres merupakan penyempurnaan dari Perpres Nomor 54 tahun 2010. Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu indikator sehatnya pengelolaan keuangan daerah ditentukan proses pengadaan barang dan jasa di lingkup pemerintah. Realisasi kegiatan tahunan akan diawali dengan tahapan lelang di lembaga pengadaan. Bila tak transparan mengelolanya maka arah belanja daerah jauh efektivitas dan efisiensi. Olehnya itu, pemerintah melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP) terus berinovasi. Terbaru, Perpres Nomor 16 tahun 2018 diterbitkan.

Perpres itu disosialisasikan pada SKPD, PPK, KPA, PPTK serta pejabat pengadaan barang dan jasa di jajaran Pemprov Sultra. Muhammad Adiwibowo Sudarmo selaku Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan umum LKPP RI memberikan arahan terkait Perpres itu.

Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan penyempurnaan dari Perpres nomor 54 tahun 2010. “Perpres Nomor 16 ini lebih sederhana dan mudah dipahami dibandingkan Perpres Nomor 54 tahun 2010. Olehnya itu agar dipelajari dengan seksama agar tidak ada keraguan dalam penerapannya,” katanya Rabu (29/8).

Sementara itu, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setprov Sultra, Roby Yakob mengatakan, Sultra sudah menjadi rujukan nasional dalam hal pengadaan barang dan jasa. Sehingga penyesuaian terhadap aturan baru harus cepat dipahami penyelenggara pengadaan agar tidak terjadi kesalahan dalam prosesnya. “Kita ini sudah jadi percontohan, transparansi kita jadi rujukan. Dan Perpres ini juga kian mendukung dan melindungi kerja pelaku pengadaan yang selama ini selalu takut, dalam tanda petik karena ada tekanan,” kata mantan Pj. Bupati Muna Barat ini.

Dia meminta seluruh pelaku pengadaan barang dan jasa, untuk segera menguasai arahan presiden dalam aturan itu. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top