Pariwara
Nasional

Mendikbud: 100 Ribu Guru Honorer Bakal Diangkat jadi PNS

Mendikbud Muhadjir Effendy

KENDARIPOS.CO.ID — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy memastikan, 100 ribu guru honorer bakal diangkat jadi pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Namun, guru honorer kategori mana saja yang diangkat, dia tidak menyebutkan. Alasannya, hal tersebut merupakan kewenangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin.

“Insya Allah, tahun ini ada 100 ribu guru honorer yang diangkat PNS. Sebenarnya usulan kami lebih dari itu hanya yang disetujui 100 ribu. Saya juga barusan ketemu MenPAN-RB membahas masalah tersebut. Intinya sudah clear,” ungkap Menteri Muhadjir di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (29/8).

Kebutuhan guru PNS di daerah sangat besar. Selama empat tahun belum ada rekrutmen guru PNS sementara yang pensiun terus bertambah. Alhasil kekurangan guru ditutupi honorer. “Pak Wapres kan sejak awal sudah menyatakan kuota guru honorer tahun ini yang diangkat 100 ribu. Ini untuk mengatasi kekurangan guru sekitar 700-an ribu orang,” jelasnya.

Ketua Umum PB PGRI Unifah Rosyidi mengatakan, sudah tepat bila guru honorer diangkat jadi PNS tahun ini. Bila ada guru honorer yang tidak memenuhi syarat UU Aparatur Sipil Negara (ASN) dan harus dijadikan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), Unifah meminta diprioritaskan. “Kami minta guru honorer diprioritaskan karena mereka sudah mengabdi sekian tahun. Jadi ini adalah penghargaan bagi guru honorer,” tandasnya. (yog/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top