Pariwara
Politik

KPUD Buteng Tambah 113 TPS

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Buton Tengan (Buteng) pada Pemilu 2019 mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan aturan pembatasan pemilih per-TPS. Jika pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra lalu hanya sebanyak 204 TPS, pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 bertambah menjadi 317 TPS.

“Jadi, ada penambahan sebanyak 113 TPS. Semula hanya 204 TPS kini menjadi 317 TPS yang tersebar di 317 desa/kelurahan di Buteng,” kata La Ode Nuriadin, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buteng saat dikonfirmasi Rabu (29/8).

Penambahan TPS Buteng kata dia, disebabkan pembatasan pemilih tiap TPS menjadi 300 pemilih. Sementara pada Pilkada serentak lalu, masih diperkenankan 500 pemilih tiap TPS. Selain adanya regulasi baru, penambahan TPS di Busel lantaran meningkatnya jumlah pemilih. “Jumlah TPS-nya telah ditetapkan bersamaan dengan rapat pleno daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019,” ujarnya.

Tidak hanya melaksanakan tahapan, KPU juga fokus mendongkrak partisipasi pemilih. Pasalnya, partisipasi pemilih pada Pilgub Sultra lalu cukup memperihatinkan yakni 57 persen. Sementara pada pemilihan bupati (Pilbup) Buteng 2017 hanya 62 persen. Untuk itulah, pihaknya terus bekerja keras agar pemilih meluangkan waktunya menggunakan hak pilihnya.

“Kami berupaya agar partisipasi pemilih pada Pemilu nanti bisa meningkat. Kita harus dorong masyarakat menyalurkan hak konstitusionalnya. Target kita bisa meningkat dibanding dua Pilkada sebelumnya,” ujar La Ode Nuriadin.

Untuk mewujudkan hal itu, KPU akan melakukan berbagai cara agar masyarakat bisa melek memilih hari H 17 April 2019 nanti. Sehingga, bisa mencapai target tersebut. Misalnya, intens melakukan sosialisasi diberbagai kalangan termasuk pemilih pemula. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top