Pariwara
Bau-bau

Dinsos Baubau tak Punya Data Terkini Warga Miskin

Suriatin

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Sosial (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) telah menetapkan jumlah warga miskin di Kota Baubau melalui basis data terpadu (BDT). Total 62.484 jiwa warga di daerah itu masuk dalam daftar dan menjadi acuan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Baubau dalam menyalurkan bantuan nantinya. Hal itu dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Kemiskinan dan Pemberdayaan Dinsos Kota Baubau, Suriatin.

“Setiap bantuan yang kita berikan pada warga miskin mengacu dari BDT yang ditetapkan kementerian. Jadi, mereka yang namanya masuk dalam data, berhak menjadi penerima program bantuan fakir miskin,” kata Suriatin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/8). Penyaluran bantuan warga miskin yang mengacu pada BDT tersebut memang sangat mendasar. Hanya saja, jumlah setiap tahunnya tentu mengalami perubahan. Terlebih dengan banyaknya bantuan pemerintah dalam mendukung hidup layak warga kurang mampu. Sehingga, dibutuhkan verifikasi kebenaran status sosial warga yang termuat dalam BDT tersebut sebagai data pembaruan.

Sayangnya pihak Dinsos Baubau mengaku tak memiliki data update tentang warga miskin di daerah itu. Acuan pemberian bantuan selalu dilakukan berdasarkan BDT. Padahal bisa saja warga miskin yang namanya tercantum dalam data pemerintah pusat itu telah mengalami kemajuan ekonomi. Begitu pula sebaliknya, tidak menuntut kemungkinan ada rumah tangga baru yang justru masuk dalam kategori miskin.

“Kita di sini tidak memiliki anggaran untuk itu (verifikasi warga miskin). Kemudian dari sisi sumber daya manusia (SDM) juga terbatas. Makanya, pemberian bantuan kita selalu mengacu dari data pusat yang telah memiliki surat keputusan,” terang Suriatin. Ia menambahkan, update kondisi warga miskin seharusnya dilakukan pihak pemerintah kelurahan. “Sejauh ini, masyarakat miskin yang termuat dalam BDT telah kita sampaikan ke pihak kelurahan untuk diverifikasi. Tetapi sampai saat ini belum ada yang melapor,” ungkapnya. (c/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top