Pariwara
Politik

Balon Berstatus Honorer di Konkep Diadukan

Badran, Komisioner KPUD Konkep

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap pencalonan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) masih berlangsung. Di Konawe Kepulauan (Konkep), prosesnya telah masuk tahap klarifikasi terhadap tanggapan masyarakat. Selama diumumkan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konkep menerima empat laporan masyarakat terkait penetapan Daftar Calon Sementara (DCS).

Komisioner KPUD Konkep, Badran mengatakan DCS yang diumumkan cukup mendapat respon masyarakat. Sejak diumumkan tanggal 12 Agustus lalu, pihaknya menerima empat aduan masyarakat.

“Tangapan masyarakatnya berfariasi, ada yang laporkan Bacaleg masih berstatus honorer, ada juga tentang aktivitas calon dan ada juga Bacaleg yang ijazah dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbeda,” Kata Badran saat ditemui di kantornya, Rabu, (29/8).

Saat ini, Koordinator Divisi Teknis dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPUD Konkep, tengah melakukan verifikasi di lapangan untuk mengetahui kebenaran tanggapan masyarakat tersebut. Mengenai Bacaleg yang berstatus honorer, KPU telah mengidentifikasi. Hasilnya, yang bersangutan tidak lagi aktif mengajar di salah satu SMA di Kecamatan Wawonii Tenggara.

“Kalau guru honorer ini kami langsung turun ke lapangan untuk memastikan statusnya. Hasil penelusuran kami, guru ini sudah tidak mengajar lagi di sekolah tersebut. Sedangan calon lain, yang dokumenya berbeda seperti yang diadukan, kami akan minta klarifikasi. Makanya, kami telah memintanya membawa dokumen-dokumen pribadinya. Kami terus akan proses sampai tanggal 31 Agustus,” ujarnya.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah mencoret empat Bacaleg yang sudah melakukan pendaftaran di KPUD Konkep, saat dibukanya proses pencalonan. Empat bacaleg tersebut berasal dari partai, PSI, PPP, PBB dan Berkarya. Saat ini, tersisa 276 Bacaleg yang akan bertarung memperebutkan 20 kursi parlemen Konkep. “Empat calon yang kita coret ini tidak memenuhi syarat. Padahal kami telah memberi kesempatan saat masa perbaikan,” tandas Badran. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top