Pariwara
Bau-bau

AS Tamrin Mulai Siapkan “Kabinet Baru”, Usai Dilantik, Langsung Ganti Pejabat

AS Tamrin

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Baubau terpilih, AS Tamrin mulai memikirkan komposisi kabinetnya. Dia menegaskan, sudah punya gambaran siapa saja yang akan mendampinginya menjabat sebagai kepala organisasi perangkat daerah (OPD) nantinya. Termasuk soal rencana program yang akan dieksekusi juga sudah disiapkan. “Pasti ada pergantian (mutasi jabatan). Kami sudah punya orang-orangnya. Jadi, tinggal tunggu waktu saja,” ungkap AS Tamrin, Rabu (29/8).

Prinsipnya, kata dia, setiap pergantian kepemimpinan perlu ada suasana baru. Begitu juga dengan pejabatanya, harus yang baru. “Intinya, kami akan benahi baik-baik SDM-nya supaya Baubau lebih maju lagi ke depannya,” ujarnya. Dalam sebuah pemerintahan, lanjut Ketua Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) itu, dibutuhkan koneksitas antara wali kota dan penjabat teras pemerintahan. Semua itu sebagai wujud dukungan dalam membantu merealisasi visi dan misi wali kota dan wakil wali kota terpilih.

“Karena kami akan melanjutkan visi dan misi yang telah ada, maka secara otomatis pejabat yang ditetapkan mengisi jabatan strategis harus yang mendukung. Karena kalau orang yang tidak mendukung, gimana progam kerja kita bisa terwujud,” ucapnya. Dia menambahkan, sebenarnya, tidak mempersoalkan perbedaan pilihan yang terjadi pada Pilwali lalu.

Sebab, semua itu merupakan hal mutlak dalam sebuah pesta demokrasi. Hanya saja, adanya bahasa sumbang yang dikeluarkan oleh pejabat tertentu, menjadi penilaian tersendiri dalam mutasi jabatan yang akan dilakukan nanti. “Soal pilihan itu hak. Tetapi, dari pengalaman kemarin ada perkataan yang tidak mengenakan, diucapkan oleh beberapa pejabat atau pegawai, itu sangat tidak baik. Makanya akan kita evaluasi,” sindirnya.

“Karena kita punya eksistensi ini diukur dari tutur kata dan perbuatan. Dan kalau ada pejabat yang tidak menghargai pimpinannya maka kita evaluasi saja,”sambung wali kota yang sering tampil memakai kaca mata itu. Meski demikian, dirinya tidak akan melakukan semua itu dengan sesuka hati. Pertimbangan aturan dan prosedural yang baik akan tetap ditempuh. Sehingga proses perombakan pejabat yang akan dilakukan nanti sesuai dengan ketetuan regulasi.

“Tetapi kita harus tahu semua itu ada aturannya. Seperti pejabat eselon II harus ada izin Mendagri. Makanya kita lakukan secara objektif sesuau perundang-undangan,” tuturnya. Selain rencana mutasi jabatan, AS Tamrin juga telah memikirkan beberapa program prioritas yang akan direalisasikan diawal periode kedua masa jabatannya nanti. Yaitu mengacu dari visi dan misinya untuk mewujudkan Baubau yang maju sejahtera dan berbudaya denga empat program unggulan. Yaitu, pembanguanan SDM, pembangunan infrastruktur, pembanguan ekonomi berbasis ekonomi kerakyatan yang bertumpuk pada kearifan lokal dan pembangunan budaya.

“Seluruhnya memiliki dimensi luas yang sangat prioritas dan saling berkaitan. Makanya dalam realisasinya semua akan berproses melihat hal mana yang harus kita prioritaskan. Tetapi pertama kita lakukan adalah membangun SDM dan mental. Dengan mendukung penuh pengembangan pengetahuan melalui sekolah formal. Semua generasi muda harus mengenyam dunia pendidikan dan akan kita bantu. Begitu pula dengan mental, nilai-nilai ke-Buton-an yaitu ‘pomamasiakan, popiapiara, pomaemaeaka, poangka-angkataka dan pobici-binciki kuli (PO5)’ akan kita gemakan. Jika nilai-nilai itu sudah dipedomani dan dilaksanakan, maka kondisi bermasyarakat kita akan sangat baik,” bebernya.

Ia, menambahkan, sembari menunggu waktu pelantikan, pihaknya meminta kepada seluruh tim pemenangannya tetap mengebdalikan diri. “Jangan terlalu euforia berlebihan, tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan. Kita lupakan persoalan pilkada. Mari menjalin kebersamaan karena Baubau adalah milik kita semua,” pesannya.

Ditanya mengenai komunikasi dengan kandidat lain pasca pencoblosan, AS Tamrin mengaku belum ada. Akan tetapi pihaknya sangat membuka diri kepada siapapun yang ingin bersilaturahmi. “Kita tidak dalam posisi proaktif ke sana (pada kandidat lain). Kita menunggu. Karena dari awal kita sudah membuka ruang untuk komunikasi itu,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top