Pariwara
Bombana

27.595 Anak di Bombana Belum Vaksin MR

dr. Sunandar

KENDARIPOS.CO.ID — Tercatat masih ada 27.595 anak di Kabupaten Bombana, belum tersentuh vaksin campak measles rubella (MR). Hingga hari ke-25 proses vaksinasi, pihak medis baru menyasar 50 persen anak di 22 kecamatan yang ada dari total keseluruhan 55.190 anak. Kepala Dinas Kesehatan Bombana, dr. Sunandar, mengatakan, hingga kini pihaknya terus melanjutkan proses imunisasi vaksin bagi anak-anak di 22 Satker Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Hal itu menyusul adanya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang memperbolehkan menggunakan vaksin MR meskipun dianggap haram, untuk menghindarkan anak dari bahaya penyakit campak.

“Sejauh ini kami sudah melakukan vaksinasi anak dan telah mencapai 50 persen. Kami akan kembali melaksanakan proses vaksinasi yang selama ini ditunda setelah adanya fatwa MUI,” katanya, rabu (29/8). Sunandar menyampaikan, vaksin yang telah digunakan selama ini sangat cocok untuk semua anak. Vaksin tersebut telah dikemas dengan baik dan telah melalui uji klinis secara bertahap dan aman untuk digunakan bagi manusia, khususnya anak.

“Jika dibandingkan dengan manfaatnya, jauh lebih berbahaya jika anak tak diimunisasi,” ujar mantan Dirut RSUD Bombana itu. Makanya, ia berharap, seluruh orang tua di Bombana agar mengikutkan anaknya dalam proses imunisasi. “Tak perlu ragu lagi setelah ada fatwa MUI, karena hingga saat ini di Sultra dan khususnya Bombana belum ada kasus bagi penerima vaksin. Jangan khawatir, ketika anak kita divaksin dan merasa pusing, itu hanya karena ketakutan atau beban psikologis. Kami juga Dinkes tentunya memberikan vaksin yang telah melalui proses dan memastikan keamanan dari vaksin yang kami berikan,” tandas Sunandar. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top