Pariwara
Konawe Kepulauan

DPRD Tolak Tambang di Konkep

Mustaman

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaku usaha pertambangan dipastikan sulit melakukan aktivitasnya di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Pasalnya, warga di wilayah itu secara terang-terangan telah menolak hadirnya kegiatan pertambangan di Pulau Wawonii. Belum lama ini, beberapa oknum yang diduga utusan perusahaan pertambangan, melakukan sosialisasi di Kecamatan Wawonii Tenggara. Tetapi kegiatan tersebut tak berjalan mulus. Warga setempat menolak hadirnya oknum yang akan melakukan ekspolitasi pertambangan di Bumi Kelapa itu.

Rencana masuknya tambang di Pulau Wawonii, juga mendapat penolakan dari Wakil Ketua Komisi III DPRD Konkep, Mustaman. Ia menegaskan, daerah yang baru lima tahun mekar dari Kabupaten Konawe itu, sangat tidak layak untuk dilakukan aktivitas penambangan. “Pulau Wawonii itu hampir semua masuk kawasan hutan lindung dan ini tidak bisa ditambang. Saya kira tepat jika warga menolak hadirnya tambang masuk di Wawonii. Kami sebagai wakil rakyat juga ikut menolak. Prinsipnya masyarakat Wawonii menolak tambang,” ulang Mustaman, menegaskan, Selasa (28/8).

Ia menjelaskan, ketika tambang dipaksakan beroperasi di wilayah itu, maka sektor perikanan dan pariwisata andalan yang ada di Konkep tidak akan berfungsi. Karena sudah pasti akan tercemar dengan limbah tambang. Mustaman sendiri mengaku belum tahu pasti berapa usaha pertambangan yang akan melakukan ekspolitasi di Wawonii. “Izinnya dikeluarkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Biar tidak ada tambang di Wawonii, masyarakatnya masih bisa hidup kok. Kalau ada tambang, bisa berdampak banjir juga. Yang jelas, kami menolak kehadiran investor tambang itu. Saya ikut kemauan masyarakat. Tetapi keputusan masuknya tambang memang ada di Pemprov Sultra dan pemerintah harus tahu, kami masyarakat Wawonii menolak,” tandas Mustaman. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top