Pariwara
Kolaka

ASN Kolaka Diajak Bayar Zakat Penghasilan

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
ZAKAT: Wabup Kolaka, Muhammad Jayadin (kiri) saat menyerahkan ZIS pada penerima di Pondok Kumoro, Kompleks Antam Pomalaa, selasa (28/8)

KENDARIPOS.CO.ID — Zakat merupakan bagian dari sistem perekenomian Islam yang dapat mengatasi masalah kemiskinan dan kesenjangan sosial. Untuk itu, para aparatur sipil negara (ASN) dan karyawan muslim di Kolaka, harus menunaikan kewajibannya membayar zakat penghasilan. “Sebagai pemerintah, kami mengingatkan ASN dan karyawan untuk membayar zakat penghasilan. Sebab membayar zakat merupakan kewajiban, harus dipenuhi seorang muslim yang mampu. Zakat tersebut juga diharapkan dapat membantu upaya peningkatan keadilan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Mekongga,” pesan Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin saat menghadiri kegiatan pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kolaka di Pondok Kumoro, Komplek Antam Pomalaa, Selasa (28/8).

Kolaka-2 tersebut menambahkan, agar pengelolaan dana zakat dapat di pertanggungjawabkan secara tepat, maka harus ada manajemen keuangan yang baik dan profesional serta harus sesuai dengan ketentuan syariah. Pihaknya meminta untuk membayar zakat melalui Baznas Kolaka. “Baznas Kolaka berwenang melakukan pengumpulan zakat melalui unit yang dibentuk pada instansi atau lembaga pemerintah kabupaten, instansi vertikal, serta BUMN yang ada. Dengan demikian, membayar ke amil zakat jauh lebih utama dari pada langsung ke penerima. Meskipun membayar langsung ke penerima zakat itu sah-sah saja. Tetapi membayar melalui amil zakat itu biasa dilakukan dan dicontohkan Nabi Muhammad dan para sahabat sesudahnya,” jelas Muhammad Jayadin.

Dalam kegiatan tersebut, Baznas Kolaka menyalurkan ZIS pada program bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kemanusiaan dan dakwah atau advokasi di lima kecamatan yaitu Pomalaa, Tanggetada, Watubangga, Polinggona, dan Toari. Total jumlah penerimanya sebanyak 183 orang dengan jumlah dana ZIS sekitar Rp 494 juta. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top