Pariwara
Bau-bau

16 Rumah di Baubau Ludes Terbakar

AKHIRMAN/KENDARI POS
KEBAKARAN : Warga bersama personel Pemadam Kebakaran Kota Baubau bergotong royong memadamkan sisa nyala api dan membersihkan puing rumah yang terbakar, selasa (28/8)

KENDARIPOS.CO.ID — Insiden kebakaran kembali terjadi di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Belasan rumah milik warga ludes diamuk si jago merah. Peristiwa naas itu terjadi di dua tempat berbeda. Di Kelurahan Lamangga sekitar pukul 02.30 Wita dan di Kelurahan Melai sekitar pukul 11.45 Wita, Selasa (28/8). “Dua kasus kebakaran ini terjadi di hari yang sama. Satu di kawasan Keraton, Kelurahan Melai dan lainnya di Kelurahan Baadia. Keduanya masuk dalam wilayah Kecamatan Murhum,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Baubau, Mz Tamsir Tamim.

Kejadiannya berlangsung saat rumah ditinggal pergi pemiliknya. Sehingga penyebabnya belum bisa diketahui secara pasti. “Untuk penyebabnya kami tidak tahu, karena hanya fokus menjalankan tugas, memadamkan api. Namun sesuai informasi yang kami himpun, saat kejadian rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal pergi pemiliknya,” terangnya.

Amukan si jago merah di Kelurahan Melai menghanguskan satu unit rumah milik Muksin alias Ausi. Saat kejadian, Muksi sedang di luar kota menghadiri acara pernikahan anaknya. “Sejak tanggal 16 Agustus lalu, Muksin berangkat ke Sorong hadiri pernikahan anaknya. Saya bersama isteri dipanggil untuk menjaga rumah dan bermalam di sini. Tapi seperti biasa, saat subuh sekitar pukul 05.00 Wita saya bersama isteri pergi menjual di pasar,” terang La Inu, warga yang ditugaskan menjaga rumah tersebut.

Sebelum berangkat, ia juga mengaku tak memasak apa-apa. “Ciri-ciri adanya hubungan arus pendek tadi malam juga tidak ada,” sambung La Inu. Informasi yang dihimpun, nyala api bersumber dari bagian kolong rumah induk milik Muksin dan terdapat tumpukan sabuk kelapa. Sehingga diduga, hal tersebut memicu kobaran api membesar dan menjalar kebagian dalam rumah.

Sementara itu, kebakaran yang terjadi di Kelurahan Lamangga menghanguskan 15 unit rumah. Diduga, nyala api bersumber dari salah satu kediaman yang ditinggal pergi pemiliknya, Arlan. Karena kontsruksi bangunan rumah dari kayu, makanya kobaran api cepat membesar dan langsung menjalar ke rumah lainnya. Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top