Pariwara
Metro Kendari

Nilai Investasi di Kendari Capai Rp 771 Miliar

INVESTASI : Nilai investasi di Kota Kendari terus bergerak naik. Per Juli 2018 ini, nilai investasi dari sektor SIUP jasa dan perdagangan mencapai Rp 771 miliar. DPM-PTSP Kota Kendari optimis nilai itu masih akan bertambah. Tampak pelayanan di kantor DPM-PTSP Kota Kendari, Senin (27/8). Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pergerakan sektor jasa dan perdagangan di Kota Kendari terus meningkat. Bahkan per Juli lalu nilai investasinya sudah menyentuh angka Rp 771 miliar. Investasi sektor jasa dan perdagangan itu menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi paling dominan di Metro Kendari. Sebab, sejak dulu ibu kota Provinsi Sultra ini mengandalkan sektor jasa dan perdagangan mendongkrak perekonomian.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Kendari, Sri Yusnita mengatakan angka Rp 771 miliar itu berpotensi bertambah dan diperkirakan melampaui capaian tahun sebelumnya. “Agustus ini kan belum selesai. Jadi belum bisa diakumulasi, yang ada per Juli itu Rp 771 miliar nilai investasi dari surat izin usaha perdagangan (SIUP), ” ujarnya, Senin (27/8).

Selain dari SIUP, pertumbuhan investasi di Kota Adipura Kencana ini juga digerakkan dengan investasi asing atau Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). “Tahun lalu total semua itu Rp 4,99 triliun. Itu hanya SIUP plus PMDN. Kalau PMA lain juga dihitungnya, bukan berada pada kita,” ungkap Sri Yusnita.

Untuk data PMA dan PMDN kata dia masuk dalam gawean Pemprov Sultra, sebab izinnya dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Sultra. “Kalau datanya sudah tuntas diakumulasi maka diberikan kepada kita. Tapi pada triwulan satu, PMDN itu sekira Rp 884 miliar. Sehingga total investasi saat ini Rp 1,6 triliun,” rinci Sri Yusnita.

Lancarnya investasi kata Sri Yusnita tidak terlepas dari sistem pelayanan prima yang diterapkan selama ini. “Mengurus SIUP bisa satu hari saja, asalkan persyaratannya lengkap. Karena pelayanannya saat ini sudah satu pintu,” tutupnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top