Pariwara
Politik

Mutakhirkan Data, DPT Kembali Diumumkan

TANGGAPAN MASYARAKAT : Salah seorang warga kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu menanggapi DPSHP yang diumumkan beberapa waktu lalu. Tampak warga tengah mengisi formulir pendaftaran untuk dimasukan dalam daftar pemilih Pemilu 2019. Foto: DOKUMEN KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Meski telah ditetapkan, pemutakhiran data pemilih masih terus berlangsung. Untuk bisa ditanggapi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari kembali akan mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT). Makanya, besar kemungkinan daftar pemilih akan berubah.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengaku telah menyerahkan DPT ke panitia pemungutan suara (PPS) untuk diumumkan. DPT yang diserahkan dalam bentuk hard copy untuk selanjutnya dipajang di kantor kelurahan dan tempat-tempat yang mudah dijangkau.

“Warga bisa mengecek keberadaan mereka di DPT. Jika belum terdaftar, warga tinggal melapor. Namun agar bisa didata, mereka harus menunjukan kartu tanda penduduk elektronik (KTP el)-nya. . Nanti akan didaftar dalam pemilih khusus (DPK),” kata Jumwal Saleh Senin (27/8).

Data pemilih Kota Kendari kata dia, kemungkinan masih bisa berubah. Mengingat waktu pelaksanaan Pemilu masih panjang. Apalagi mobilisasi penduduk keluar dan masuk Kota Kendari cukup tinggi. Terlebih banyak warga dari berbagai daerah yang memilih tinggal atau sekolah di Kendari.

“Wajib pilih yang telah terdata dari daerah lain, bisa menyalurkan suaranya di Kendari. Namun mereka harus melapor ke PPS. Nantinya mereka akan dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan (DPTb). Mereka bisa melapor satu bulan sebelum pungut hitung atau paling lambat seminggu sebelum hari H,” jelasnya.

Selain ke PPS, KPU juga akan menyerahkan DPT ke partai politik (Parpol) dan Bawaslu Kota Kendari dalam bentuk soft file. Selanjutnya, Parpol akan menyerahkan ke kader atau bacalegnya yang akan bertarung di Pilcaleg. “Parpol bisa memberikan edukasi kepada konstituennya. Sedangkan untuk Bawaslu Kota Kendari sendiri untuk pengawasan terkait dengan peranannya,” ujarnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top