Pariwara
Edukasi

Mahasiswa KKN Tematik Wanita Nelayan Berwirausaha

Istimewa/Kendari Pos
Sosialisasi Program PPM-KKN Tematik UHO Tahun 2018 dalam rangka pengabdian kepada masyarakat secara terintegrasi di Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, beberapa waktu yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Beberapa mahasiswa Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) Tahun 2018 dibawah kendali Dr. Nanik Hindaryatiningsih menggelar program pelatihan peningkatan pendapatan wanita nelayan melalui usaha diverifikasi produk olahan ikan menjadi abon ikan, somai/bakso ikan dan kerupuk ikan yang dilaksanakan di Kantor Lurah Lapulu, Kecamatan Abeli Kota Kendari, Rabu (15/8) lalu.

“Beberapa waktu yang lalu, saya bersama 15 orang mahasiswa dari berbagai Program Studi (Prodi) UHO, menggelar PPM-KKN Tematik, yang merupakan sebuah rangkaian mata kuliah yang mengajak para mahasiswa untuk menerapkan keilmuannya dalam memberikan solusi permasalahan masyarakat,” terang Dr. Nanik Hindaryatiningsih ,Ketua Tim KKN Tematik di Kelurahan Lapulu, Senin (27/8).

Lanjut dia, Kelurahan Lapulu dipilih menjadi lokasi KKN Tematik, dikarenakan di wilayah itu sebagian warganya berprofesi sebagai nelayan, “Jadi, jika suaminya seorang nelayan, minimal istrinya dirumah tidak tinggal diam. Melainkan, mampu mengolah hasil tangkapan suaminya, untuk diproduksi dan bisa menghasilkan uang,” terangnya.

Sementara itu, Kordinator Tim KKN Tematik Terintegrasi di Kelurahan Lapulu, Wandah Gitarini mengatakan, tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu itu, untuk meningkatkan pendapatan wanita nelayan melalui olahan ikan menjadi beberapa produk pilihan seperti abon ikan, bakso/siomay ikan dan kerupuk ikan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pendapatan wanita nelayan melalui olahan ikan,” ujarnya. Wandah menambahkan selain mengolah hasil laut, para wanita nelayan ini juga diajarkan cara pembuatan aneka ragam peralatan rumah tangga dengan menggunakan bahan kain perca. “Selain itu ada program tambahan yaitu membuat aneka ragam peralatan rumah tangga menggunakan bahan kain perca dan juga kegiatan relaksasi yaitu totok aura wajah dari produk tiens yang akan diajarkan pada wanita-wanita nelayan,” jelasnya.

Ia juga berharap setelah pelaksanaan KKN Tematik Terintegrasi ini, dapat meningkatkan pendapatan ekonomi wanita nelayan, “Semoga program ini dapat meningkatkan ekonomi wanita nelayan di Kelurahan Lapulu, Kecamatan Baruga, Kota Kendari,” tandasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top