Pariwara
Buton Utara

Dishub Butur tak Bisa Tertibkan Angkutan Berplat Hitam

KENDARIPOS.CO.ID — Maraknya mobil berplat hitam yang mengangkut penumpang di Kabupaten Buton Utara (Butur), menjadi permasalahan yang belum dapat ditangani pihak instansi terkait. Sebab meskipun aktivitas itu dilarang, Dinas Perhubungan setempat mengaku cukup kewalahan dalam melakukan penertiban. Kendati demikian, desakan agar ada upaya operasi telah disuarakan sopir berplat angkutan resmi, namun tak kunjung dilakukan.

“Banyak mobil plat hitam beroperasi mengakut penumpang rute Ereke-Labuan. Namun tak pernah ditindak. Ini sangat merugikan kami sebagai sopir mobil berplat kuning,” keluh Jumir, saat ditemui di Terminal Mina-Minanga, Senin (27/8). Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Buton Utara, Muh. Hanafi, mengakui, maraknya mobil plat hitam beroperasi sebagai kendaraan penumpang menawarkan jasa angkutan untuk beberapa rute. Langkah untuk melakukan operasi baru akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kita akan lakukan operasi penertiban dalam waktu dekat,” janji Muh. Hanafi. Mantan Kepala Bidang Kominfo Pemprov Sultra itu menambahkan, menghilangkan mobil plat hitam, cukup sulit. Sebab, mobil penumpang kebanyakan tak mangkal di terminal. Penumpang hendak ke Labuan atau Kendari dijemput langsung dari kediaman masing-masing.

“Penertiban tetap dilakukan secara bertahap. Upaya pendekatan persuasif juga ditempuh melalui sosialisasi,” tambahnya. Hanafi enggan menyebutkan, berapa jumlah mobil plat hitam bandel yang mengangkut penumpang.
“Mobil-mobil berplat hitam sementara kita investigasi,” argumennya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top