Pariwara
Kolaka

Cabut Kontrak PT Vale di Kolaka !

KENDARIPOS.CO.ID — Sikap PT Vale yang tak juga membangun smelter hingga hari ini di Kabupaten Kolaka, benar-benar membuat sejumlah pihak berkepentingan geram. Pasalnya, sudah lama perusahaan asing tersebut menjanjikan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka untuk membangun pabrik di Bumi Mekongga. Namun hingga hari ini, janji tersebut belum ditepati.

Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Hasbi Mustafa, mengaku kesal dengan ulah manamejem PT Vale. Ia menilai perusahaan itu telah memberikan harapan palsu pada masyarakat dan Pemkab Kolaka. Untuk itu, ia mendesak kepada pihak PT Vale segera merealisasikan janji tersebut. “Desakan pembangunan smelter itu sudah lama disuarakan, masih sejak Buhari Matta menjabat Bupati Kolaka. Itu karena adanya undang-undang yang tak membolehkan perusahaan tambang mengolah lahan tanpa membangun smelter. Tapi hingga kini janji PT Vale belum juga ditepati,” sorotnya, Senin (27/8).

Hasbi menyarankan, PT Vale sebaiknya membangun komunikasi dengan pihak PT Antam yang merupakan perusahaan tambang dan telah memiliki pabrik. Sehingga masyarakat dapat menikmati dari hasil eksploitasi di area kontrak karya PT Vale. “Lahan PT Vale itu sangat luas dan itu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jadi sebaiknya mereka melakukan kerja sama bisnis dengan Antam jika belum mau membangun smelter. Ini pernah difasilitasi Bupati Kolaka, Ahmad Safei,” ungkapnya.

Legislator Partai Hanura tersebutmengatakan, jika PT Vale tak membangun smelter atau melakukan kerja sama dengan Antam, maka sebaiknya kontrak karya PT Vale dicabut. “Kalau PT Vale tidak menepati janjinya itu, maka kami akan meminta Pemkab Kolaka menyampaikan dan mendesak pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mencabut kontrak karya PT Vale. Tak boleh lahan dibiarkan tidur terus. Pemkab mau melakukan pembangunan dari hasil kegiatan PT Vale,” tandasnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top