Pariwara
Kolaka Utara

Warga Mampu di Kolut Jangan Mengaku Miskin

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Setiap tahun jumlah keluarga penerima manfaat (PKM) pada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), justru mengalami peningkatan. Kendati demikian, banyak juga yang harus dicoret karena sudah tak tergolong dalam kategori untuk mendapat perhatian pemerintah pusat. Kadis Sosial Kolut, Hasrat, mengungkapkan, dalam tahun ini diketahui terdapat kurang lebih 2.000 KPM terdeteksi non eligible. Pendamping sebagai tim verifikasi di lapangan tentu sangat berperan penting untuk mengetahui apakah layak, masih layak ataukah harus digugurkan.

“Setiap KPM punya batas waktu mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Jika dianggap sudah mampu atau tidak memenuhi syarat lagi harus jujur ke pendamping saat diverifikasi,” ujarnya, Minggu (26/8). Data peserta KPM yang terdaftar sebelumnya memanglah tidak dapat secepatnya diganti dengan penerima baru. Setidaknya, 6.000 jatah tambahan dari Kemensos telah terverifikasi di lapangan dan tersisa 4.000. Sementara itu jika ada sisa, pemerintah daerah harus mengembalikan kuota lebih itu ke pusat. “Seandainya bisa langsung diganti, ya bagus. Masalahnya data itu hanya bisa berkurang dan tidak boleh bertambah. Jika ada sisanya dikembalikan dan data baru menunggu pemberian bantuan selanjutnya,” tutur Hasrat.

Tahun ini pihaknya masih fokus untuk penyaluran beras sejahtera (Rastra) sekaligus memvalidasi data KPM by name by address. Pihaknya masih memikirkan cara dalam proses verifikasi untuk membantu tenaga pendamping di lokasi. “Mungkin saja dengan kerja sama tertentu yang bisa mengupdate data warga miskin, memvalidasi dan memverifikasi KPM. Siapa tahu mengaku miskin, tetapi pada dasarnya sudah mampu. Dapat bantuan gratis lagi,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top