Pariwara
Kolaka Utara

Sekolah Kelebihan Guru Harus Dipindahkan

TAK MERATA: Selain mutu dan sebaran tenaga pengajar yang tak merata, potret pendidikan di Kolut juga masih minim sarana lainnya. Tampak infrastruktur ruang kelas di SDN 3 Batu Ganda yang belum memadai. Foto: Muhammad Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sekolah-sekolah yang jauh dari pusat ibu kota, kecamatan atau di pelosok Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) rata-rata sangat kekurangan tenaga guru. Kondisi itu membuat mutu dan kualitas pendidikan di otorita Bupati, Nur Rahman Umar menjadi tidak seimbang. Pj. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolut, Idrus Baso Malluru, sedang memikirkan solusi untuk menyebar mutu dan tenaga pendidik secara merata. Sebab faktanya, di daerah-daerah tertentu yang jauh dari pusat kota, tenaga pengajarnya sangat kurang. Akibatnya, anak didik juga mengalami keterbatasan ilmu pengetahuan.

“Secara undang-undang, sebagian besar anak-anak kita belum memperoleh keadilan dalam mendapatkan pendidikan yang merata,” tegasnya, Minggu (26/8). Hal ini yang menjadi telaah pihaknya untuk melakukan pemerataan tempat tugas pendidik. Tenaga pengajar yang sebagian besar memilih bertugas di pusat kota atau kecamatan, akan ditempatkan pada lembaga pendidikan yang masih minim guru. Itu sudah keharusan, dan tinggal menanti ketulusan para pengajar dalam menjalankan profesinya dimanapun ditempatkan.

“Kami sedang merencanakan semuanya. Pihak Dikbud pasti mengedepankan objektivitas yang bakal diikuti tindakan intervensi subjektifitas. Jika sudah terkonsep dengan matang, maka itu sudah tak bisa dihindari,” tandas Idrus Baso Malluru. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top