Pariwara
Metro Kendari

Realisasi PBB 30 Persen, September Jatuh Tempo, Wajib Pajak Bakal Kena Denda

Nahwa Umar

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari melalui dinas terkait tak henti-hentinya menstimulasi kesadaran warga kota untuk taat pajak bumi bangunan (PBB). Syok terapi pun pernah dilakukan dengan menurunkan tim yustisi agar warga sadar dan taat pajak. Namun masih ada sebagian warga yang inisiatifnya masih rendah membayar pajak.

Buktinya, pada semester kedua ini, realisasi PBB masih bertengger di tren 30 persen. Padahal, jatuh tempo pembayaran PBB pada September mendatang. Bila September nanti tidak juga menunaikan PBB, maka wajib pajak akan dikenakan sanksi denda dua persen. Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari, Nahwa Umar mengungkapkan realisasi PBB tahun ini baru 30 persen. Sementara jatuh tempo semakin dekat. “Kita imbau warga segera bayar PBB karena 30 September sudah jatuh tempo lagi,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (26/8).

Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari itu menambahkan capaian PBB saat ini baru menginjak angka 30 persen dari Rp 18 miliar yang ditargetkan. “Posisinya masih jauh (dari target),” ungkapnya.

Wanita berhijab yang juga pernah menahkodai Badan Inspektorat Kota Kendari itu berharap capaian target PBB tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu. “Tahun lalu hampir 80 persen. Itu capaian tertinggi kita selama kita kelola sendiri PBB ini. Kita berharap tahun ini naik lagi,” terang Nahwa Umar.

Bagi mereka yang sengaja menunda pelunasan PPB, selain hukuman denda, BPPRD juga akan door to door melakukan penagihan. “Kita akan bentuk tim yustisi untuk penagihan. Yang tidak mau rumah dan tanahnya dilabel tunggakan pajak, segera tunaikan PBB,” imbuhnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top