Pariwara
Metro Kendari

Masuk Kategori Sedang, Kemerdekaan Pers di Sultra Menurun

Dewan Per merilis IKP 2018 Sultra terkategori sedang, meski terjadi penurunan tren sekira dua persen lebih. Tampak suasana FGD IKP bersama wartawa dan stakeholder di Hotel Horison, Kendari, Sabtu (25/8) lalu. FOTO: MARWAN ABIDIN / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Pers RI dan jurusan Jurnalistik Fisip UHO merilis indeks kemerdekaan pers (IKP) tahun 2018 di Sultra menurun dibandingkan tahun sebelumnya. IKP Sultra tahun 2018 bertengger di tren 66,74 persen. Tahun lalu, IKP di Sultra cukup lumayan yakni 68,89 persen. Itu artinya, terjadi penurunan sekira 2,11 persen.

“Berdasarkan hasil survey IKP 2018, ini menunjukkan bahwa Provinsi Sultra masih berada pada skor 66,78 yang berarti IKP tahun 2018 masih berada dalam situasi sedang, menuju baik. Hal ini tidak jauh berbeda dengan tahun 2017 berada dalam kategori situasi sedang. Situasi dan potret kehidupan pers di Sultra mengalami penurunan 2,11 persen,” ujar Koordinator IKP Sultra, Sumadi Dilla saart Focus Group Discussion (FGD) hasil survei IKP 2018 di Hotel Horison, Sabtu (25/8).

Sumadi Dilla mengatakan hasil survei tersebut dilaksanakan pada Mei hingga Juli 2018 dengan menggunakan teknik pengumpulan data dan informasi survey melalui tiga cara yakni wawancara, scaring dan penelusuran data sekunder (publikasi dan dokumentasi). Tim survey dari dosen jurnalistik Fisip UHO terhadap 12 informan ahli yang terverifikasi ke dewan pers. Terdapat tiga variabel utama yang diukur dalam survei IKP yaitu aspek lingkungan fisik dan politik, aspek lingkungan ekonomi, dan aspek lingkungan hukum terhadap 12 perusahaan yang ada di Sultra. Hal itu mencakup independensi, intervensi pemilik media, upah, pengaruh pemda dan lainnya.

Dengan demikian, kehidupan pers, kesadaran akan hak dan perusahan sudah tertanam. Sehingga, menjadi tren positif dengan berkontribusi positif untuk bangsa.

Kabag Umum Dewan Pers, Irwan mengatakan survei IKP ini untuk memastikan jaminan hukum kemerdekaan pers, independensi wartawan dan media, pluralisme media serta akurasi dan berimbang. “Alhamdulillah, hasilnya bisa dilihat (cukup memuaskan), termasuk di Sultra ini terkategori sedang,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fisip UHO, Dr. La Tarifu mengatakan hasil survei IKP itu sebagai bentuk partisipasi dan peran perguruan tinggi. “Harapannya ini bisa terus berjalan dan memberikan sumbangsih positif untuk kemerdekaan pers,” tandasnya. (wan/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top