Pariwara
Nasional

Dugaan Kasus Suap PLTU Riau 1, Berpotensi Ada Tambahan Tersangka

Sementara itu, pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero mengklaim kasus korupsi proyek PLTU Mulut Tambang Riau 1 tidak akan mengganggu jalannya proyek pembangkit listrik 35 ribu megawatt (mw). Pasalnya proyek yang menyeret mantan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham itu tidak termasuk megaproyek yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Direktur Bisnis PT PLN Persero Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Djoko Rahardjo Abu Manan menuturkan bahwa proyek PLTU Riau 1 masuk Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPLT) 2018 atau yang baru saja direncanakan.”Sementara proyek 35 ribu mw itu masuknya RUPLT 2014. Berdasarkan Perpres Nomor 4 Tahun 2016, megaproyek ini harus dirampungkan tahun depan. Sehingga tidak berkaitan dengan PLTU Riau 1 ini,” ujar Djoko Sabtu (25/8). Djoko melanjutkan, RUPTL tersebut selalu bertambah setiap tahun. Sebab, kebutuhan akan listrik terus meningkat seiring dengan meningkatnya populasi penduduk Indonesia. Nah, proyek Riau 1 merupakan RUPTL yang ditambahkan pada tahun ini. Proyek tersebut direncanakan mulai beroperasi pada 2024.

“Jadi, sekali lagi, kasus PLTU Riau 1 ini tidak akan menghambat jalannya proyek 35 ribu mw yang sudah berjalan dan sekarang kontraknya sudah 32 ribu mw,” imbuhnya.Sekretaris Perusahaan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Muhammad Bardan mengungkapkan, dengan adanya kasus korupsi yang menyangkut proyek PLTU Riau 1 tersebut, proyek itu diputuskan untuk ditunda. Senada dengan Djoko, pihaknya meyakini bahwa penundaan pengerjaan proyek PLTU tersebut tidak memberikan dampak signifikan bagi proyek 35 ribu mw yang tengah berjalan.”Sebab, masih ada proyek lainnya. Justru yang mungkin akan berpengaruh adalah kebijakan pemerintah yang akan mengevaluasi ulang beberapa proyek infrastruktur karena dampak ekonomi global,” jelasnya. (tom/jpc)

2 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top