Pariwara
Konawe Utara

Tahun Depan, Lahan Bandara di Kolut Dibebaskan

Junus

KENDARIPOS.CO.ID — Penyediaan dana untuk menalangi pembiayaan kajian hidro-oseanografi dalam rencana pembangunan bandar udara (Bandara) di Kecamatan Kodeoha, Kolaka Utara (Kolut) sedang diupayakan. Plot pembiayaan dalam APBD Perubahan 2018 tersebut diharapkan disetujui DPRD untuk selanjutnya dilakukan proses ganti rugi lahan warga.

Plt. Kadis Perhubungan Kolut, Junus, menjelaskan, upaya tersebut dipercepat agar ganti rugi lahan dapat tuntas tahun 2019 mendatang. Sejauh ini memang telah ada peraturan daerah (Perda) yang mengatur nominal harga. Namun ada aturan baru yang juga harus menjadi rujukan untuk disinkronkan. “Dalam undang-undang baru, tidak ada lagi istilah tim sembilan namun, tim independen,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Asisten II Setkab Kolut tersebut, Jumat (24/8).

Apapun hasil keputusan dari tim independen itu nantinya akan menjadi rujukan nilai ganti rugi lahan kosong dan tambak yang ada di lokasi tersebut. Dalam perencanaan pengembangan ke depan, luas lahan yang akan dibebaskan sekitar 80 hektare. “Belum ada komunikasi nilai ganti rugi ke masyarakat. Namun sebagian besar bersedia,” ujarnya.

Jika hasil kajian hidro-oseanografi telah final, maka Pemkab Kolut tinggal melapor ke Kementerian Perhubungan untuk ditindaklanjuti sambil pemerintah melakukan pembebasan lahan. “Rancangan konstruksi landingnya, dari teluk mengarah ke darat. Panjang landasan 1500 meter,” jelas Junus. Sekadar diketahui, kajian hidro-oseanografi berupa gambaran ringkas dan teori dasar tentang gelombang, analisa angin, arus, pasang surut dan kondisi batimetri pantai. Pergeseran lahan Bandara sempat dilakukan Pemkab ke luar dari garis pantai untuk mengefektifkan kondisi lahan yang akan dibebaskan. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top