Pariwara
HEADLINE NEWS

Punya Banyak Sesar Aktif dan Picu Tektonik, Sultra Masuk Rawan Gempa

KENDARIPOS.CO.IDSulawesi Tenggara (Sultra) masuk daerah rawan gempa. Banyaknya sesar aktif menjadi penyebab utamanya. Data yang dihimpun Stasiun Geofisika Kendari, di Bumi Anoa memiliki lima sesar aktif. Rinciannya, Sesar Buton di Pulau Buton, Sesar Kendari di sekitar wilayah Kota Kendari, sesar Tolo berada di Laut Banda, sesar Kolaka di Kolaka dan sesar Lawanopo yang membelah daratan utama Sultra.

Sementara sesar lainnya yang juga berpotensi menimbulkan gempa adalah Sesar Matano di Sulteng. Meski berada di provinsi lain, namun bisa berdampak hingga ke Konawe Utara jika terjadi gempa.Semua informasi itu disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia.

Menurutnya, Sultra sama seperti wilayah lainnya di Indonesia juga merupakan zona seismik.Sehingga, memiliki potensi besar untuk terjadi gempa bumi.”Gempa bumi yang terjadi di Sultra pada umumnya disebabkan aktivitas sesar-sesar lokal di wilayah tersebut,” ujar Rosa, Jumat (24/8).

Dia menjelaskan, berdasarkan data Pusat Studi Gempa Nasional tahun 2017, setidaknya terdapat 5 sesar aktif di wilayah Sultra serta satu sesar aktif di Sulteng yang aktivitasnya dirasakan hingga wilayah Sultra.”Aktivitas kegempaan paling banyak terjadi di wilayah Sesar Kendari, kemudian sesar Tolo, Matano dan Lawanopo. Sementara sesar yang paling sedikit aktivitas kegempaannya adalah sesar Buton,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir banyak terjadi gempa bumi di Sultra. Rinciannya, sebanyak 4.544 gempa bumi terjadi selama tahun 2007 hingga 2017. Dari jumlah itu, 121 diantaranya signifikan. Magnitudo atau kekuatan gempa bumi terbesar berada pada skala 6,1 SR dan terjadi pada tanggal 24 Mei 2017.

“Gempa bumi tersebut terjadi di timurlaut Wanggudu, Konawe Utara dan dirasakan oleh masyarakat Kendari hingga Kolaka, meskipun dengan intensitas kecil,’ ucapnya.

1 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top