Pariwara
Buton

Lomba Dayung Perahu Tradisional di Buton Digelar

FESTIVAL BUTON TUA : Lomba dayung perahu tradisional menjadi salah satu item kemeriahan Festival Pesona Budaya Tua Buton yang digelar di Kelurahan Wagola, Kecamatan Pasarwajo, Jumat (24/8). Foto: Wa Ode Amalia/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Rangkaian Festival Pesona Budaya Tua Buton ke-6 tahun 2018 turut diramaikan dengan lomba dayung perahu tradisional (pesona koli-koli). Kegiatan tersebut digelar di Kelurahan Wagola, Kecamatan Pasarwajo, Jumat (24/8).

Koordinator Lomba, Amrin Azis, mengatakan, lomba tersebut untuk mengingatkan masa lalu di Kabupaten Buton, khususnya masyarakat di daerah pesisir yang bekerja sebagai nelayan. “Ini sebagai penyemangat dan penghargaan pada para nelayan kita. Selain itu juga dapat membangkitkan semangat dan rasa percaya diri para nelayan dengan pekerjaan yang dijalani,” ungkapnya.

Amrin merinci, untuk lomba pesona koli-koli diikuti peserta tunggal putra putri dan pasangan dengan panjang lintasan 200 meter. Hadiah bagi juara 1 Rp 3 juta, juara 2 Rp 2,5 juta, dan peringkat 3 sebesar Rp 2 juta. Sedangkan peserta pasangan juara 1 sebesar Rp 5 juta. “Selain pesona koli-koli, ada juga lomba perahu hias,” jelas Amrin.

Dia berharap, kegiatan tersebut semakin membangkitkan dan membuat para nelayan di Kabupaten Buton lebih giat lagi dalam melakukan aktivitasnya sebagai menangkap ikan.

“Sebenarnya kita undang semua kecamatan, tapi yang sempat hadir hanya warga Pasarwajo,” tandasnya. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top