Space Iklan
Pariwara
Politik

Coret Pemilih Ganda, DPT Busel Berkurang

PLENO DPT : Ketua KPU Buteng, Ari Ashari Apriadi (kanan) menyerahkan BAP DPT Pemilu 2019 Busel kepada Ketua Bawaslu Sultra, Mahyudin, beberapa hari lalu. FOTO: KPU BUSEL FOR KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Pemutakhiran data pemilih Buton Selatan (Busel) Pemilu 2019 telah rampung. Hasilnya, jumlah pemilih di Busel berkurang dibanding daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP). Pengurangan ini disebabkan adanya pencoretan terhadap pemilih ganda.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Busel, Ari Ashari Apriadi mengatakan daftar pemilih tetap (DPT) Busel telah ditetapkan. Berdasarkan hasil pleno, jumlah DPT Busel sebanyak 57.502 pemilih. Dengan rincian, 29.029 pemilih perempuan dan 28.473 pemilih laki-laki.

“Jika dibandingkan dengan DPSHP lalu sebanyak 57.569 pemilih, ada penurunan sekitar 67 pemilih. Sebanyak 57.502 pemilih tersebar di 321 TPS dari 7 kecamatan,” katanya, saat dihubungi melalui sambungan telepon,” Jumat (24/8).

Pengurangan ini kata dia, setelah KPU menyandingkan data pemilih manual dengan sistem informasi data pemilih (Sidalih). Ternyata, ada beberapa pemilih yang terindikasi ganda. Atas temuan itu, KPU langsung melakukan pencoretan.

“Ada beberapa pemilih yang terdeteksi ganda. Baik ganda antar TPS desa dan kecamatan serta pemilih yang baru terdata. Pemilih ganda juga ditemukan pada pemilih pemula. Makanya, tambahan pemilih pemula yang sebelumnya 1.733 pemilih juga berkurang,” jelasnya.

Mengingat tahapan pelaksanaan Pemilu masih panjang sambungnya, ada kemungkinan jumlah data pemilih Busel mengalami perubahan. Sebab KPU masih akan mendata daftar pemilih khusus (DPK). “Tentu bisa jadi bertambah. Makanya nanti akan ada yang namanya DPK atau daftar pemilih khusus. Jadi, tetap kita akan melakukan pendataan terus hingga sekitar sebulan sebelum hari H pungut hitung,” tandasnya. (wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top