Pariwara
Politik

Berkas Balon DPD Mulai Dirampungkan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 46 bakal calon anggota DPD RI telah dinyatakan memenuhi persyaratan dukungan minimal. Kendati begitu, belum ada jaminan mereka akan ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS). Untuk bisa diakomodir, Balon harus memenuhi seluruh persyaratan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib mengaku masih mengecek dokumen persyaratan bakal calon anggota DPD RI. Semua poin disyaratkan undang-undang (UU) harus terpenuhi. Misalnya, aparatur sipil negara (ASN) maupun karyawan BUMN/BUMD harus menyerahkan SK pengunduran dirinya. Begitupun Balon yang masih tercatat pengurus Parpol. “Setelah lengkap semua kita rekap dan kita laporkan ke KPU RI,” kata La Ode Abdul Natsir Muthalib saat dikonfirmasi, Jumat (24/8).

Sesuai tahapan, penyampaian berita acara hasil verifikasi administrasi dan verifikasi faktual perbaikan syarat dukungan tanggal 29-31 Agustus 2018. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan penyusunan dan penetapan DCS. Posisi KPU Sultra hanya memfasilitasi, sementara yang menyusun dan menetapkan menjadi domain KPU RI.

“Balon yang memenuhi syarat selanjutnya akan diumumkan. Selama diumumkan, masyarakat diberi kesempatan memberi masukan dan tanggapan. Contohnya, Balon yang belum menyerahkan SK pengunduran diri sebagai pengurus Parpol. Nantinya, KPU akan memberi kesempatan Balon melakukan klarifikasi,” jelasnya.

Pengumuman DCS dimulai tanggal 31 Agustus 2018-2 September 2018. Namun tanggapan masyarakat akan berlangsung hingga tanggal 9 September 2018. Sebelum ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) 21 September, KPU akan memberi ruang klarifikasi. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top