Pariwara
Konawe Utara

Dinkes Konut Belum Temukan Penyebaran HIV

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan Konawe Utara (Konut) terus melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran human immunodeficiency virus (HIV) yang menyebabkan penyakit acquired immune deficiency syndrome (AIDS). Titik pantau mereka dilakukan pada sejumlah lokasi, khususnya tempat hiburan malam (THM). Kepala Dinas Kesehatan Konut, Nurjanah Efendi, menuturkan, dari hasil identifikasi yang selama ini dilakukan belum ditemukan adanya warga Konut yang terinfeksi HIV. Namun, Dinkes Konut akan terus melakukan upaya pencegahan dan edukasi pada warga tentang virus mematikan itu.

“Selama ini belum ada yang terdeteksi, karena Dinkes sudah melakukan pendataan wilayah yang rawan penularan HIV. Kita ketahui di Konut ada beberapa tempat hiburan malam. Dinkes melalui Kesehatan Keluarga dan Pemberantasan Penyakit sudah melakukan pemeriksaan di tempat itu (THM). Tapi hasil yang didapatkan negatif,” klaim mantan Sekdis Kesehatan Konut itu, Kamis (23/8).

Nurjanah menambahkan dari hasil pendataan, pihaknya baru menemukan penyakit infeksi saluran kencing. Namun ia mengaku, tak tertutup kemungkinan ada penyebaran HIV. Sebab bisa saja saat Dinkes melakukan pemeriksaan di tempat hiburan, penderita tak berada di tempat. “Tapi kita terus menyosialisasikan terkait bahaya HIV. Seperti di sekolah-sekolah. Karena penyebaran HIV terjadi melalui hubungan seksual, termasuk penyalahgunaan Narkoba. Kami juga akan mengusulkan pemeriksaan tes urine seluruh aparatur sipil negara. Tahun lalu sudah pernah dilakukan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional dan hasilnya negatif,”ujarnya. Tak hanya itu, Dinkes Konut juga akan menyasar pemeriksaan pada karyawan pertambangan maupun perkebunan yang bekerja di wilayah tersebut. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top