Pariwara
Muna

Sosok Polisi Pendakwah, Wakapolres Muna Jadi Khatib Salat Id, Sisipkan Pesan Kamtibmas

Kompol Yusuf Mars merupakan sosok polisi yang dirindukan masyarakat. Ia kerap mendapat undangan berceramah ataupun sekadar bersafari di pesantren dan masjid. Rutinitas itu sudah tekun dijalani sejak bertugas sebagai Wakapolres Muna, pada Juni yang bertepatan bulan Ramadan 2017 lalu. Bagi Yusuf, selain tugas melindungi dan mengayomi masyarakat, seorang perwira juga harus mampu memberikan pencerahan spiritual kepada masyarakat.

“Langkah paling persuasif untuk menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat,red) ialah dengan mengajak masyarakat beribadah. Upaya itu mampu menekan angka kriminalitas sekaligus menjadi usaha membangun masyarakat yang religius. Lewat ceramah itu juga saya bisa mengubah citra kepolisian yang dianggap kerjanya hanya tangkap orang,” jelasnya.

Dari kesibukkanya keliling berceramah, tandem AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga itu sudah menjangkau seluruh pelosok Muna Barat. Ia menargetkan kunjungan di masjid wilayah Buton Utara (Butur) lagi. Kegigihannya berdakwah itu bukan tanpa sebab. Saat memulai tugas di Polres Muna, Kompol Yusuf sering mendengar kabar jika masyarakat di wilayah hukum barunya itu kerap bertikai dan punya catatan kasus kriminal yang tidak sedikit. Ia kemudian memantapkan niat dan berserah diri kepada Allah SWT untuk berdakwah.

“Makanya satu minggu pertama tiba di Muna, saya berkeliling masjid. Ada satu spirit yang saya temukan dan membantah asumsi semua orang. Buktinya, masjid di sini semua megah dan besar. Masyarakatnya punya tingkat spiritual yang tinggi. Keadaban disini juga dijunjung tinggi, makanya saya jadi bersemangat dan yakin bisa menyesuaikan,” urainya.

Mimbar masjid bukanlah semata tempat memberikan ceramah agama bagi Kompol Yusuf. Ia kerap berperan ganda, sebagai seorang pendakwah sekaligus perwira polisi. Setiap kesempatan, ia selalu menyisipkan pesan kamtibmas. Dari masjid, Kompol Yusuf yakin hati semua jamaah sedang khusuk beribadah. Makanya, pesan kamtibmas sangat efektif disampaikan lewat mimbar ceramah.

Kompol Yusuf Mars merupakan sosok perwira yang humble. Selain gagah dan berwibawa dengan seragamnya, Kompol Yusuf juga banyak digandrungi para tokoh agama. Banyak yang mengira, jika mantan Perwira Polisi di Polda Sultra itu merupakan alumnus pondok pesantren. Itu tidak lain karena kemampuannya dibidang agama terutama dalam memberikan ceramah sangat mumpuni. Ternyata dibalik sosok religiusnya itu, Kompol Yusuf rupanya tidak berasal kalangan santri. Ia menamatkan pendidikan di sekolah umum sebelum lulus sebagai sarjana hukum dari perwira polisi sumber sarjana.

Menariknya, kemampuan berceramah Kompol Yusuf justru diperoleh secara otodidak. Pria kelahiran Palopo, Sulawesi Selatan pada 7 Januari 1974 itu berasal dari keluarga yang menjunjung tinggi ilmu agama. Dari pasangan H. Marus dan Hj. Rabiah, lahir Kompol Yusuf dan 10 saudara kandungnya. Rumahnya terletak tidak jauh dari masjid desa, membuatnya akrab dengan lantunan azan. Lingkungan tempat tinggalnya juga membentuk karakternya yang tegas pada prinsip menjunjung tinggi kebenaran.

Pada prosesnya, Kompol Yusuf mengaku sering menonton ceramah di chanel Youtube dari ustad kenamaan tanah air. Salah satu yang paling digandrungi ialah Ustad Abdul Somad. “Kalau Qori (pengaji) saya suka Samsuri Firdaus. Banyak pesan yang bisa dipelajari, termasuk soal upaya mencegah radikalisme dan ekstremisme dari cermah yang saya tonton. Tentu, pesan itu juga saya teruskan ke masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya berkomitmen menjalankan tugas negara dengan penuh dedikasi sebagai aparat penegak hukum. Tetapi lebih jauh dari itu, kebiasaan berceramah keliling masjid merupakan panggilan akhirat yang tidak ingin ditinggalkannya. “Jadi berdakwah memang bisa dilakukan di semua posisi, sekalipun kita berseragam polisi,” pungkasnya. (b/ode)

2 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top