Pariwara
Nasional

Rp 3,3 Triliun untuk Bendungan Pelosika di Konawe, DPR RI Minta Pemda Beri Dukungan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sempat akan dihapuskan dari program pembangunan nasional, proyek Bendungan Pelosika di Desa Asinua Jaya, Kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe, kini kembali dilanjutkan. Bahkan, program nasional tersebut telah masuk dalam anggaran 2019 yang telah dibahas bersama DPR RI. Tak tanggung-tanggung, pemerintah menyiapkan sebesar Rp 3,3 triliun untuk penyelesaian program nasional tersebut.

Informasi itu disampaikan Anggota Komisi V DPR RI, Ridwan BAE. Bersama kolega, dia mengaku berhasil meyakinkan pemerintah agar tidak mencoret mega proyek tersebut demi kesejahteraan masyarakat di Sultra. Ia mengaku melakukan beberapa upaya untuk meyakinkan pemerintah dan akhirnya mereka sepakat untuk melanjutkan program tersebut.

“Awalnya, saya bersama Komisi V DPR RI melakukan kunjungan spesifik di lokasi pembangunan Bendungan Pelosika tersebut. Setelah itu, komisi V bersama PU langsung membahas kelanjutan pembangunan Bendungan Pelosika. Dengan upaya meyakinkan dan juga lobi, akhirnya pemerintah sepakat dan menyetujui untuk melanjutkan pembangunannya,” jelasnya.

Dalam pembahasan keberlanjutan Bendungan tersebut, Pemerintah dan Komisi V DPR RI menyepakati untuk menganggarkan pembiayaan proyek tersebut pada tahun anggaran 2019. “Tidak multi years ya. Pembiayaan Bendungan tersebut disetujui untuk diselesaikan satu kali. Total anggaran yang dibutuhkan dan disepakati untuk pembangunan Bendungan tersebut senilai Rp 3,3 trilun,” tuturnya.

Menurut politisi Golkar ini, pembangunan Bendungan Pelosika di Konawe tersebut akan membawa dampak luar biasa untuk masyarakat Sultra. Khususnya masyarakat yang akan menikmati langsung adalah Konawe dan Kolaka Timur. “Anggaran sebesar Rp 3,3 triliun itu mengakomodir seluruh pembangunan Bendungan Pelosika termasuk kelengkapannya. Bendungan itu juga nanti akan banyak membawa dampak positif bagi Sultra, terutama sektor pertanian,” ujarnya.

Mantan Bupati Muna ini juga mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah dan seluruh steakholder terkait untuk melancarkan pembangunan tersebut. “Tentu kita berharap, kepada Gubernur Sultra terpilih, Ali Mazi untuk terus mendukung berhasilnya pembangunan Bendungan tersebut. Termasuk dengan pemerintah kabupaten, harus mendukung dan menyiapkan apa yang diperlukan sebagai pendukung keberlangsungan pembangunan Bendungan Pelosika,” pungkasnya. (b/yog)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top