Pariwara
Bombana

Oknum di Dishub Bombana Pungli, Tim Identifikasi Dibentuk

Syahrun

KENDARIPOS.CO.ID — Beberapa waktu lalu, praktik pungutan liar (Pungli) di Dinas Perhubungan (Dishub) Bombana marak terjadi dan menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat. Untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa, pihak Dishub sedang membentuk tim dalam mengidentifikasi oknum yang menggunakan intitusi tersebut meraup keuntungan pribadi dan mencoreng nama baik lembaga. Jika ditemukan, maka pihak Dishub akan menindak tegas dan menyerahkan oknum tersebut ke pihak berwajib.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dishub Bombana, Syahrun. “Informasinya, Pungli yang dilakukan oknum Dishub terkait tagihan kartu pengawasan bagi angkutan barang kendaraan umum. Seharusnya dipatok Rp 75 ribu tiap enam bulan sesuai petunjuk Perda tahun 2013 lalu, namun justru dimanfaatkan oknum tertentu dengan menagih hingga Rp 150 ribu, atau dua kali lipatnya. Saya akan tindak tegas. Kami sudah membentuk tim dan menelusuri siapa pelaku dan dalang semua ini. Perilaku seperti itu tidak pantas. Saya masuk di Dinas Perhubungan untuk membereskan perilaku-menyimpang seperti itu,” tegas Syahrun, rabu (22/8).

Kepala Dinas Perhubungan yang baru dilantik Februari 2018 itu mengaku kecewa. Sebab jauh sebelum Pungli itu terungkap, ia sudah berkali-kali mewanti aparatnya agar tak melakukan tindakan menyimpang dari prosedur. Sayangnya, peringatan tersebut diabaikan. Terbongkarnya kasus ini ketika ramai jadi perbincangan di media sosial. Saat itu ia mengaku sedang berada di Jakarta mengurus sejumlah usulan ke Dirjen Perhubungan untuk tambahan angkutan laut di Kabupaten Bombana. Sementara bidang teknis Dinas Perhubungan yang menangani tagihan kartu pengawasan angkutan barang adalah kepala bidang angkutan dan lalu lintas. “Saya akan terus dalami, khususnya pada yang membidangi. Karena sangat merugikan masyarakat dan negara,” janjinya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top