Pariwara
Konawe Utara

341 Sapi dan Lima Kambing Dikurbankan di Kolut, Nur Rahman Ajak Teladani Nabi Ibrahim

OPEN HOUSE : Bupati Kolut, Nur Rahman Umar (kiri) bersama para tamu yang hadir bersilaturahi di rumah jabatannya, Rabu (22/8) dalam rangkaian hari raya Idul Adha. Foto: Muh Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Ribuan jamaah salat Idul Adha di Masjid Agung Bahru Rasyad wal Ijtihaj, Kolaka Utara (Kolut) memadati dua lantai rumah ibadah bertingkat tiga itu. Dengan pandangan mengarah ke Teluk Bone yang menjadi haluan kiblat, sembahyang dihari raya kurban itu berlangsung khidmat. Bupati Kolut, Nur Rahman Umar menempati saf terdepan di lantai III bersama para petinggi pemerintahan. Mantan Bupati Kolut, Rusda Mahmud bersama keluarga juga terlihat menunaikan salat bersama.

“Idul Adha ini kembali mengingatkan seluruh umat muslim akan kisah teladan seorang ayah yakni Nabi Ibrahim AS, istri Siti Hajar dan anaknya, Nabi Ismail AS. Ringkas kisah, Nabi Ibrahim merupakan tipe orang tua yang sangat pandai memilih lingkungan tepat dan kondusif demi kebaikan perkembangan intelektual serta kepribadian anaknya. Tekun berdoa kesuksesan keturunannya dan diabadikan dalam Alquran,” ujarnya.

Kisah Nabi Ibrahim juga memperlihatkan bagaimana mendidik putranya selalu mengajarkan kesederhanaan dan kemandirian. “Beliau tidak memanjakan anak dengan fasilitas hidup yang berlebihan serta senantiasa menanamkan nilai-nilai agama. Bahkan, kepada anaknya kerap membangun komunikasi, mengajak bermusyawarah serta bertukar pikiran,” sambung Kolut-1 lagi.

Makanya, jika anak yang lahir dan dibina dari kedua orang tua hebat, akan menghasilkan anak berbakti. Lihat saja Nabi Ismail AS, ia tumbuh jadi anak yang santun, berakhlak mulia dan berbudi pekerti. Ketika mendengar wahyu Allah SWT dari lisan ayahnya, Nabi Ibrahim, ia pun tidak banyak berpikir panjang memberikan jawaban agar disembelih untuk dikurbankan. “Tuhan menyaksikan ketulusan ibadahnya hingga diganti dengan seekor kambing,” pungkasnya.

Usai salat ied, Nur Rahman menyambut dan menyalami para tamu dengan penuh sukacita di rumah jabatannya. Begitu pula Wakil Bupati, H. Abbas juga menggelar open house di Kecamatan Ngapa. Untuk jumlah hewan kurban yang disembelih Rabu (22/8) sejumlah 341 ekor sapi dan lima kambing se-Kolut. Untuk OPD setempat rata-rata menyembelih satu sampai empat ekor sapi. Sedangkan untuk instansi lain seperti DPRD dua ekor, Kejaksaan empat dan Kemenag sembilan ekor. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top