Space Iklan
Pariwara
Politik

KPUD Konawe Baru Menerima Satu Tanggapan, Terbukti TMS, Bacaleg Harus Diganti

KENDARIPOS.CO.ID — Hari ini (21/8), masa tanggapan masyarakat terhadap daftar calon sementara (DCS) akan berakhir. Sesuai tahapan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe akan segera menindaklanjuti laporan masyarakat. Bila terbukti tidak memenuhi syarat (TMS), bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) akan dicoret. Hanya saja, KPU tetap membuka ruang bagi partai politik (Parpol) untuk melakukan pergantian.

Komisioner KPUD Konawe, Armanto mengatakan pengumuman DCS telah dimulai sejak tanggal 12 Agustus lalu. Namun sejauh ini, baru satu laporan yang masuk. Padahal KPU telah menghimbau agar masyarakat lebih proaktif menanggapi DCS. Namun kemungkinan tanggapan masyarakat akan bertambah. Pasalnya, masa tanggapan baru akan berakhir tanggal 21 Agustus (hari ini). Semua masukan dan laporan akan segera diproses begitu tahapan masa tanggapan ini selesai.

“Kami akan memberikan waktu bagi Parpol untuk melakukan klarifikasi terhadap tanggapan masyarakat yang masuk. Nantinya, kami akan menyurat ke Parpol terkait tanggapan masyarakat itu untuk klarifikasi, dan menyampaikan bukti. Kalau terbukti TMS, maka boleh dilakukan penggantian bacaleg,” terang Koordiantor Divisi Teknis KPU Konawe ini saat ditemui, Senin (20/8).

Nah, terkait syarat bagi masyarakat yang hendak memberi masukan atau tanggapan harus secara tertulis, sertakan identitas jelas dan menguraikan apa yang menjadi masukan, saran dan tanggapannya. Masukan, saran atau tanggapan yang diberikan itu juga terbatas pada syarat bakal calon bukan di luar itu.

Pada tahapan ini, komposisi Bacaleg masih bisa berubah atau tergantikan. Sebagaimana PKPU, penyelenggara bisa mengusulkan pergantian apabila ada persyaratan pencalonan Bacaleg tidak terpenuhi. Misalnya, yang bersangkutan mantan napi korupsi, narkoba dan kejahatan terhadap anak.

“Kalau kami menemukan bacaleg yang tidak memenuhi syarat, tetap tidak serta merta kami lakukan pergantian, tetapi itu berdasarkan dokumen yang dimiliki bacaleg itu yang diajukan oleh parpol, harus juga memenuhi syarat,” tutupnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top