Pariwara
Metro Kendari

Penyusunan APBD-P Terkendala RPJMD

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Sultra dan tim transisi Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra terpilih, Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) masih menggodok rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2018. Pertemuan dua pihak itu digelar intens pasca pengumuman KPU terkait peraih suara terbanyak Pilgub Sultra.

Itu artinya pelaksanaan kegiatan pada APBD-P sudah akan diawasi langsung oleh gubernur baru setelah dilantik. Plt. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, Rony Yakob La Ute mengungkapkan TAPD harus menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lebih dulu lalu menyesuaikan program.

Sebab, Perda Nomor 7 Tahun 2013 berlaku hanya sampai tahun ini. “Sampai Februari, makanya harus kita susun lagi yang baru. Kita libatkan juga tim transisi untuk memasukkan program strategis gubernur dan wakil gubernur terpilih. Saat ini kita penyesuaian RPJMD. Karena kita lihat ternyata transisi juga ini. Karena selesai Februari ke depan. Jangan sampai pemerintah mengalami diskresi akibat penyusunan ini,” jelas Rony Yakob, akhir pekan lalu.

Saat ini, sejumlah program Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra terpilih, Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) sudah terakomodir. Namun untuk kegiatan fisik. “Program Aman yang disuarakan itu, Sultra Cerdas, Sulta Beradab, Sultra Sehat, dan Sultra Produktif,” ungkap mantan Pj Bupati Muna Barat itu.

Satu hal yang tak bisa dipaksakan masuk dalam raperda APBD-P itu adalah dana hibah. “Kami tidak bsa akomodir hibah. Banyak yang tidak memenuhi syarat,” tegasnya. Meski molor dari rencana awal, penyerahan APBD-P ke dewan masih tetap on schedule nasional. Karena itu, Pemprov masih tetap memaksimalkan waktu. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top