Pariwara
Konawe

126 Napi di Konawe Terima Remisi, Dua Langsung Bebas

HELSON MANDALA PUTRA/KENDARI POS
REMISI : Pemberian remisi pada warga binaan di Rumah Tahanan Konawe di Tongauna yang turut dihadir Pj Bupati, H. Tasman Taewa.

KENDARIPOS.CO.ID — Gelora semangat peringatan kemerdekaan 17 Agustus dirasakan seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali para warga binaan di rumah tahanan (Rutan) Meskipun secara hukum, kebebasan mereka ditangguhkan, namun jiwa mereka masih tetap merdeka. Para narapidana (Napi) juga merayakan kemerdekaan dengan pengabdian mereka sebagai pasukan merah putih di dalam Rutan.

Kepala Rutan Unaaha, Herianto, mengungkapkan, sebanyak 126 warga binaan pemasyarakatan mendapat remisi, dengan pemotongan masa tahanan antara tiga sampai maksimal enam bulan. Jumlah penerima remisi terdiri dari perempuan tiga orang dan 123 laki-laki. “Ada dua orang dengan kasus pidana pasal 363 KUHP tentang pencurian, dinyatakan bebas setelah menerima remisi,” bebernya.

Menurut Herianto, para warga binaan pemasyarakatan juga melakukan pembangunan fasilitas umum di sekitar mereka sebagai implementasi dari pembinaan yang diperoleh selama ini. Sekaligus bentuk permintaan maaf mereka atas disharmonisasi dalam masyarakat. “Kegiatan itu tentunya mendapat respon baik dari pemerintah. Senafas dengan perayaan HUT RI, maka pemerintah memberikan apresiasi pada Napi yang telah mengikuti pembinaan dengan baik, melalui remisi,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Konawe, H. Tasman Taewa mengungkapkan, pemberian remisi saat ini tertuang dalam peraturan menteri nomor 3 tahun 2018 dengan mekanisme transparan serta berbasis sistem teknologi informasi. “Digitalisasi pemberian remisi kita dorong supaya memangkas proses birokrasi berbelit dan sarat peluang transaksional. Proses ini juga dibuka seluas-luasnya agar masyarakat dapat ikut melakukan pengawasan,” terangnya.

Ia juga berpesan pada seluruh jajaran pemasyarakatan untuk melaksanakan tugas dengan penuh integritas, profesional, tulus, serta terus menjaga nama baik, tidak melakukan tindakan yang merusak citra institusi. “Kepada seluruh narapidana yang mendapatkan remisi, saya ucapkan selamat. Semoga pemberian remisi ini akan memberikan kesempatan untuk berbuat lebih baik ke depannya,” pungkasnya. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top