Pariwara
Kolaka Utara

Semangat Merdeka, Wujudkan Kesejahteraan Rakyat di Kolaka Utara

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar saat menyerahkan bendera kepada pembawa baki, Jumat (17/8).

KENDARFIPOS.CO.ID — Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) berlangsung hikmad, Jumat (17/8). Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Aspirasi dipimpin langsung Bupati Kolut, Nur Rahman Umar. Dia didampingi wakilnya, H. Abbas, SE.

Ratusan peserta dari berbagai kalangan, mulai anak sekolah, SKPD hingga masyarakat umum ikut menyemarakan momentum istimewa tersebut. Dalam amanatnya, Bupati Kolut, Nur Rahman Umar mengatakan, setiap tahun, dalam mengisi kemerdekaan harus lebih giat melakukan pembenahan. Terutama menyangkut peningkatan sektor perekonomian masyarakat Kolaka Utara.

“Dengan semangat kemerdekaan, kita harus berjuang untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kolut. Itu komitmen kami bersama,” kata Nur Rahman. Sebagai upaya kearah itu, dirinya mengajak seluruh elemen di Pemkab Kolut agar mengoreksi diri dan merubah sikap dalam mengisi kemerdekaan. “Merdeka itu bukan hal mudah,” ujarnya.

Masyarakat Kolut patut bersyukur, karena di momen kemerdekaan ini, mendapat kejutan berupa bantuan benih jagung sebanyak 38 ton dari Korda Gempita Kolut untuk petani. Nur Rahman berharap, ini menjadi motivasi bagi petani dalam meningkatkan produksi tanaman tersebut di wilayahnya.

“Tujuan utama kita saat ini bagaimana mengisi kemerdekaan yang diikuti dengan peningkatan perekonomian dan kesejahtraan masyarakat dari tahun ke tahun,” harapnya. Peringatan HUT Kemerdekaan juga diikuti sejumlah komunitas, seperti mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Cokroaminoto Palopo, Komunitas Pecinta Alam Angkara serta Komunitas TNE Kolut. Hanya lokasinya berbeda. Mereka mengibarkan berdera merah putih seukuran 7×10 meter di Puncak Gunung Tojabi.

Selain upacara, sejak Kamis malam (16/8), di Kolut juga telah dilakukan pawai obor keliling oleh satuan TNI-Polri, OPD dan anggota pramuka dari berbagai sekolah. Begitu juga gerak jalan tingkat OPD, menambah semarak jalan-jalan ibu kota. Mereka mengenakan kostum yang berbeda-beda. (rus/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top