Pariwara
Buton Utara

Peringatan HUT RI di Butur, Kenang Jasa Pahlawan, Tingkatkan Nasionalisme

Bupati Butur, Abu Hasan (kanan) menyerahkan bendera merah putih pada seorang personil Paskibra untuk dikibarkan. Foto: Hadrian Mapa/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Peringatan detik-detik proklamasi hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Buton Utara (Butur) berlangsung khidmat. Bupati Butur, Abu Hasan tampil sebagai inspektur upacara yang dipusatkan di lapangan pelataran MTQ, Jumat (17/8).

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-73 kemerdekaan RI terasa lengkap dengan hadirnya, wakil bupati Ramadio, Ketua DPRD Butur Rukman Basri Zakariah, wakil ketua DPRD Butur, Abdul Salam Sahadia dan forum komunikasi pimpinan daerah (Fokompimda) Butur. Diantaranya, Danramil Kulisusu Mayor Infantri Bahari, Pabung Ereke Mayor Infantri Prasetya, Kapolsek Kulisusu Kompol Ahali, pimpinan organisasi perankat daerah (OPD) dan tamu undangan.

Upacara pengibaran sang saka merah putih turut dihadiri ribuan masyarakat Lipu Tinadeakonso Sara yang ambil bagian dalam memperingati hari sakral itu. Terbebasnya, negara Rebuplik Indonesia dari tangan penjajah tentara kolenial Belanda dan Jepang, berkat jasa para pahlawan kemerdekaan.

Abu Hasan menuturkan, HUT kemerdekaan RI merupakan momentum tepat mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah terlebih dahulu kembali ke pangkuan Sang Khalik. Jasa mereka begitu besar sehingga rakyat Indonesia saat ini, dapat terbebas dari tindasan para penjajah. Ia pun berharap semangat nasionalisme dan partriotisme dipegang teguh oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai penerusnya selanjutnya.

“Kemerdekaan ini direbut dengan pengorbanan dan berceceran darah. Para pahlawan kemerdekaan telah mengorbankan jiwa dan raga mereka demi detik-detik proklamasi kemerdekaan. Jasa mereka begitu besar dan tak bisa terhitung lagi. Mudah-mudahan momentum HUT RI kali ini menjadi sebuah kebangkitan bangsa dan negera kita tercinta, sebagaimana harapan oleh pahlawan-pahlawan terdahulu,” tutur Abu Hasan (b/had/adv)

1 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top