Pariwara
Nasional

Peneriman CPNS Molor, Honorer Makin Tak Jelas

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Jadwal penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 bakal molor lagi. Rencananya dibuka akhir Agustus ini tidak bisa terealisasi. Salah satu alasan tertundanya penerimaan abdi negara itu, karena baru saja ada pergantian pucuk pimpinan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Pengumuman penerimaan CPNS 2018 kembali diagendakan September mendatang.

Alasan lain, Menteri PANRB Syarifuddin masih harus fokus urus Asian Games. Sebab, dia juga menjabat sebagai Ketua Kontingen Asian Games. Sehingga, konsentrasinya akan terfokus pada Asian Games terlebih dahulu. “Pak Menteri PANRB kini menjabat sebagai Chef de Mission. Memerlukan waktu, karena dua perhelatan yang sama-sama besarnya, jadi Asian Games tanggal 2 (September) selesainya, jadi fokus ke sana dulu. Baru setelah itu kita rilis jadwal penerimaan CPNS,” ungkap Bima Haria Wibisana, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jumat (17/8).

Menurutnya, proses penerimaan CPNS akan diumumkan bulan September. “Menpan pasti harus paham dulu sebelum mengambil keputusan. Jadi butuh waktu,” jelasnya.

Menpan-RB, Syafruddin mengatakan, untuk saat ini dirinya masih harus berkonsentrasi mengurus gelaran Asian Games 2018. “Saya sudah diizinkan untuk menyelesaikan tugas di Asian Games oleh Presiden,” ujarnya.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan menyampaikan, pihaknya beserta tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) terus bekerja demi kelancaran agenda penerimaan CPNS 2018. “Saat ini Panselnas masih terus bekerja. Selain (mengurusi) administratif juga teknis,” ujarnya.

Berbagai tahapan teknis semisal uji coba live portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) milik BKN hingga rekayasa praktik tes berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) turut dilakukan pada saat itu.

Ridwan melanjutkan, kemungkinan pendaftar CPNS tahun ini akan melonjak tajam hingga empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya. “Berkenaan dengan beban, ada kemungkinan jumlah peserta atau pelamar itu 3-4 kali lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Kita menduga ada antara 8-10 juta pendaftar,” pungkasnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top