Pariwara
Edukasi

Poltekkes Kendari Latih Tenaga Perawat Panti Jompo

Poltekkes for kendari pos
PELATIHAN: Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Askrening, SKM., M.Kes (depan, pegang mic) saat memberikan pelatihan meningkatkan kapasitas tenaga perawat di Panti Sosial Tresna Werdha Kendari, Selasa (14/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai wujud kepedulian sosial, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari menggelar pelatihan khusus bagi tenaga perawat di Panti Sosial Tresna Werdha Kendari (Panti Jompo), Selasa (14/8). Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Askrening, SKM., M.Kes, hadir langsung memberikan pelatihan.

Menurutnya, pelatihan itu sangat penting bagi perawat yang bertugas mengurus kaum lansia di panti. Sebab, mengurus lansia butuh penanganan serius. “Kami menilai pelatihan ini sangat penting. Makanya, kita bekerja sama dengan Panti Sosial Tresna Werdha Kendari menggelar pelatihan khusus bagi perawat,” ungkapnya.

Perawat perlu mendapat pelatihan khusus, lanjut dia, sebab, lansia merupakan tahap perkembangan terakhir dalam kehidupan manusia. Di mana permasalahan kesehatan semakin kompleks di usia ini. “Oleh karena itu, mereka sepantasnya mendapatkan penanganan khusus dari tenaga perawat,” jelasnya.

Lanjut dia, beberapa masalah kesehatan yang dialami para Lansia di panti sosial berawal, mulai dari kemunduran sel-sel tubuh, sehingga fungsi dan daya tahan tubuh mereka menurun, yang menyebabkan risiko terhadap penyakitpun meningkat. “Adapun masalah kesehatan yang sering dialami lansia adalah malnutrisi, gagal keseimbangan, kebingungan mendadak, dan masih banyak lagi,” terangnya.

Di lain sisi, peningkatan jumlah lansia menunjukkan adanya peningkatan usia harapan hidup. “Semakin meningkatnya populasi lansia, mencerminkan adanya peningkatan pelayanan kesehatan. Sejumlah kebijakan telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah yang dihadapi lansia, salah satunya dengan meningkatkan kemampuan para perawat lansia,” tambahnya.

Askrening berharap kepada para peserta pelatihan, agar serius dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini. “Melalui pelatihan ini para perawat kita memiliki kesempatan untuk melakukan pelayanan kesehatan dan menginstruksikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) atau promosi kesehatan bagi lansia sebagai integral keperawatan holistik,” tutupnya. (b/ags)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top