Pariwara
Politik

Usulan Pergantian Aleg Konut Segera Diajukan ke Gubernur

Busran Halik

KENDARIPOS.CO.ID — Dua anggota legislatif (Aleg) DPRD Konawe Utara (Konut) memilih pindah partai politik (Parpol) pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) 2019. Keduanya adalah H Sudiro (PAN) dan Nuriadin (PKB). H Sudiro yang saat ini menduduki jabatan Wakil Ketua I memutuskan pindah ke Partai NasDem. Sementara Nuriadin memilih berlabuh di Partai Hanura.

“Iya, ada dua angota DPRD Konut yang pindah partai politik yakni H Sudiro dan Nuriadin. Dari hasil verifikasi, H Sudiro kini tercatat sebagai Bacaleg dari Partai NasDem. Sedangkan Nuriadin tercatat sebagai Bacaleg dari partai Hanura,” kata Busran Halik, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konut Selasa (14/8).

Surat pengajuan pengunduran diri kedua Aleg tersebut, telah diserahkan. Sesuai tahapan, proses pengunduran diri tersebut harus diserahkan satu hari sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT) tanggal 20 September. Untuk itulah, ia mengingatkan agar Parpol maupun Bacaleg mengawal proses pengunduran diri tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Konut, Rasmin Kamil mengatakan keputusan kadernya pindah Parpol harus berujung pada pergantian antar waktu (PAW). Saat ini, surat usulan pergantian Nuriadin telah diserahkan ke KPUD dan Sekretariat DPRD Konut. “Usulannya sudah diproses. Suratnya akan segera dikirim ke provinsi untuk mendapat persetujuan gubernur,” kata Ketua Komisi I DPRD Konut.

Sementara itu, H Sudiro yang dikonfirmasi membenarkan kabar tersebut. Pada Pileg 2019, ia memilih bergabung dengan Parpol besutan Surya Paloh. Sebagai konsekuensinya, ia rela melepas jabatan Wakil Ketua DPRD Konut.

“Kebetulan ada tawaran untuk memimpin Parpol. Saya kira, itu hal menarik. Dengan begitu, saya bisa mengawal pemerintah saat ini (Ruksamin-Raup). Selama ini, kami bagian dari Parpol pemerintah. Mungkin, lebih asyik kalau bisa memberi kritik dan masukan ke pemerintah,” tandasnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top