Pariwara
Politik

Sinkronkan Data, Kotak Suara Pilgub Dibuka

BUKA KOTAK SUARA : Koordinator Divisi Teknis dan Parmas KPUD Konsel, Asriani (dua dari kiri) bersama Panwas, kepolisian dan pengurus Parpol berfoto bersama usai pembukaan kotak suara Pilgub Sultra, Selasa (14/8). FOTO: KAMALUDDIN/KENDARI POSJ

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Selatan (Konsel) terus berusaha membenahi daftar pemilih Pemilu 2019. Tidak hanya fokus menyusun daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) akhir, penyelenggara juga mencocokannya dengan data pemilih dengan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra lalu.

“Karena daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2019 berdasarkan DPT Pilgub, maka kita harus cocokan. Makanya, kotak suara Pilgub lalu kembali kita buka. Jadi data ATb dan C7 akan kita ambil untuk perbaikan data pemilih sebelum ditetapkan dalam DPT,” beber Komisioner KPUD Konsel, Asriani saat ditemui Selasa (14/8).

Pembukaan kotak suara ini kata Koordinator Divisi Teknis dan Parmas, atas rekomendasi KPU RI. Makanya, hasilnya akan dikoordinasikan kembali. Proses pembukaan kotak suara ini dihadiri Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), kepolisian dan pengurus Parpol.

“Ini merupakan instruksi KPU RI melalui KPU Provinsi. Jadi ATb ini memang wajib diambil. Meskipun sebenarunya, KPU sudah memiliki soft copy-nya. Namun untuk memastikan kevalidan data pemilih, maka kita harus cocokan kembali guna mensinkronkan data untuk dijadikan rujukan DPT Pemilu 2019,” jelasnya.

Usai membuka data pemilih, KPU menyegel kotak yang berisikan data Pilgub 2018. “Setelah ini, kita akan buatkan berita acara. Di daerah lain juga melakukan hal yang sama. Jadi hal ini semata-mata mensinkronkan data tanpa adanya tendensi apapun,” pungkasnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top