Pariwara
Kolaka Utara

PKH Kolut Harus Kerja Ekstra

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
PKH : Munawar Halil (kedua dari kiri) bersama para pendamping keluarga harapan saat melakukan penginputan data KPM.

KENDARIPOS.CO.ID — Total personel pendamping keluarga harapan (PKH) termasuk operator dan supervisor Dinas Sosial (Dinsos) Kolaka Utara (Kolut) saat ini sebanyak 42 orang. Padahal, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) juga terus bertambah setiap tahun. Kondisi itu membuat tugas PKH semakin berat untuk menjelajahi 127 desa di otorita Bupati, H. Nur Rahman Umar tersebut.

Kepala Dinas Sosial Kolut, Hasrat, melalui Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial, Munawar Halil, menjelaskan, jumlah PKH di lapangan, terbatas. Tiap kecamatan hanya dua atau tiga orang saja. Sementara, dalam melakukan pendataan rutin, mereka harus menempuh puluhan kilometer untuk menjelajahi desa pelosok. “Ada satu desa di Kecamatan Ngapa yang nanti siang bisa tiba, jika berangkat pagi. Belum dari rumah ke rumah, berat,” katanya memberi gambaran, Senin (13/8).

Menurut Munawar, idealnya, dalam setiap kecamatan ada tiga hingga empat pendamping atau disesuaikan dengan kondisi wilayah Kolut yang rata-rata pegunungan. Namun, hal itu kembali lagi menjadi kewenangan pemerintah pusat untuk merespon situasi tersebut. “Tugasnya memang berat. Harapan kami besar pada mereka (pendamping) sebagai ujung tombak di lapangan agar membawa dampak positif meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin,” sambung Munawar.

Untuk diketahui, tugas pendamping di lapangan tak sekadar melakukan pendataan, namun juga memberikan motivasi dan membentuk pola pikir keluarga miskin menjadi lebih baik. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top