Pariwara
Muna

Pemkab Muna Harap APBD-P Sultra

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Penyusunan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) sedang dituntaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Hampir dipastikan, tak banyak tambahan postur anggaran yang akan masuk dalam anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P), menyusul kebijakan pemerintah pusat yang tidak mengusul dukungan dana dalam APBN Perubahan 2018.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Muna, La Mahi, mengatakan, Pemkab saat ini hanya berharap mendapat tambahan alokasi dana dari APBD-P Provinsi Sultra. Pemkab setidaknya mengajukan sejumlah usulan program pada APBD-P Sultra. Beberapa diantaranya pembenahan jalan provinsi di poros Lagadi- Lakapera dan poros Raha-Lohia-Wakuru.

“Kita hanya berharap tambahan dari (APBD-P) provinsi. Kalau tidak, ya berarti kita rasionalisasi anggaran,” kata La Mahi, selasa (14/8). Kebijakan rasionalisasi akan dilakukan jika pendapatan dan belanja tak mencapai target. Dua penyebab itu bisa dipicu tidak tercapainya target pendapatan asli daerah maupun belum adanya plot anggaran dari pusat maupun provinsi. Sementara untuk rasionalisasi belanja akan dilakukan pada plot anggaran yang belum sama sekali terserap pada organisasi perangkat daerah (OPD).

Selain itu, sambung La Mahi, rasionalisasi juga dilakukan untuk menjaga program strategis pemerintah tetap berjalan sesuai rencana. “Muna masih fokus infrastruktur. Jadi akan plot anggaran masih akan ke sektor itu,” sambungnya. Kendati demikian, La Mahi menyebutkan jika Pemkab sampai saat ini masih melakukan penginputan rencana kerja pemerintah yang diajukan masing-masing OPD. Soal berapa proyeksi APBD-P Muna, ia belum dapat memastikan. “Kecuali selesai penginputan di keuangan (baru diketahui jumlahnya,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top