Pariwara
Metro Kendari

Investasi Rp 1,6 Triliun Masuk Sultra

MoU : Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi (dua dari kanan) menyaksikan penandatanganan MoU antara Pemprov dan pihak swasta di Grand Clarion Hotel Kendari, Selasa (14/8). Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menggenjot investasi membuahkan hasil. Kali ini masuk lagi investasi dari sektor industri kehutanan. Tak tanggung-tanggung, dana segar sekira Rp 1,6 triliun akan beredar di Sultra melalui corong industri itu.

Selasa (14/8), Pemprov Provinsi Sultra sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama pihak investor di Grand Clarion Hotel, Kendari. Kerja sama itu terkait pemberian izin pada areal hutan sosial yang melibatkan UPTD KPH XXIV Gularaya dan PT. INC Multi Konsultan (IMK).

Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Setda Provinsi Sultra, Harmin Ramba menyebutkan ada tiga jenis investasi yang masuk dalam kerja sama itu. Yakni, investasi pemenuhan bahan baku, pembangunan pabrik wood pellet dan investasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm).

“Kerja sama ini akan berdampak baik untuk daerah. Selain hadirnya listrik Biomassa itu, investasi ini akan menyerap tenaga kerja. Karena ini merupakan komitmen penting juga dengan investor agar menggunakan tenaga kerja lokal,” ujar Harmin Ramba.

Komitmen itu dibenarkan Presiden Direktur PT. INC, Kim Hyo Chan. Dia berjanji kehadiran tenaga asing tak akan melewati angka lima persen dan total tenaga kerja yang dibutuhkan.”Kita akan maksimalkan pekerja lokal. Kecuali ada posisi tertentu yang memang teknisinya harus dari luar (TKA,red),” ujarnya.

Disebutkan dua desa akan menjadi lokasi pembangunan industri wood pellet itu. “Tempatnya di Desa Ambololi dan Desa Tanea Kabupaten Konsel,” ungkap Kim Hyo Chan.

Sementara itu Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi mengatakan gagasan kerja sama itu sudah lama dicetuskan Pemprov. Makanya saat itu terealisasi, dia mengapresiasinya terhadap pihak yang sudah membantu merealisasikan gagasan itu. “Ini sangat bermanfaat dan mempercepat proses investasi. Industri ini sifatnya ramah lingkungan karena bahan bakunya dari tanaman kaliandra,” ujarnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top