Pariwara
Buton Utara

Budaya dan Seni Butur Dilestarikan

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
BUDAYA : Pagelaran seni budaya Butur yang dihelat untuk melestarikan warisan leluhur dan dibuka Bupati, Abu Hasan (ketiga dari kiri), selasa (14/8)

KENDARIPOS.CO.ID — Budaya dan seni di Kabupaten Buton Utara (Butur) sangat beragam. Untuk melestarikannya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus melakukan berbagai cara. Salah satunya dengan menyelenggarakan pagelaran festival seni dan budaya dan dibuka langsung Bupati Buton Utara, Abu Hasan, Selasa (14/8). Mantan Karohumas Pemprov Sultra itu berharap, event tersebut menjadi momentum tepat untuk memperkenalkan keragaman budaya dan melestarikannya. Juga memperkenalkan destinasi pariwisata pada pelancong mancanegara, karena bertepatan dengan Sail Wonderful.

“Seni tradisional bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat dan membentuk pola pikir serta sikap kita sejak dulu sampai sekarang. Makanya, pagelaran seni dan budaya ini diselenggarakan,” ujar Abu Hasan, selasa (14/8). Butur-1 itu menambahkan, dalam dua tahun terakhir, seni budaya Lipu Tinadeono Sara sudah mulai menunjukkan eksistensinya, bahkan telah dikenal di mana-mana.

“Kita bukan hanya tampil di tingkat kabupaten dan provinsi. Tapi sudah berkali-kali di tingkat nasional,” ujar Abu Hasan. Ketua KONI Butur itu menekankan agar organisasi perangkat daerah lainnya mengukir prestasi, sehingga nama Buton Utara masuk dalam peta nasional. “Dinas Pariwisata harus terus menggelar kegiatan, juga menyukseskan Festival Barata dan Sail Wonderful,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top