Pariwara
Politik

KPU Tetapkan Pemenang Pilwali Baubau, Tampil Manis Bakal Dilantik September

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Kada Baubau ditolak Mahkamah Konstitusi, KPU Baubau melanjutkan tahapan pilwali 2018. Pasangan AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse (Tampil Manis) resmi menjadi pemenang. Hal itu seiring dengan telah dilaksanakannya rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau oleh KPUD, Senin (13/8).

“Setelah pelaksanaan pleno ini, maka selajutnya adalah pengusulan, pengesahan, dan pengangkatan wali kota dan wakil wali kota terpilih. Kami awali dengan pemberian surat keputusan (SK) dan berita acara ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau. Tahapan itu telah kami lakukan,” ungkap Edi Sabara, Ketua KPUD Kota Baubau saat ditemui usai pelaksanaan pleno penetapan pemenang pilwali Baubau, Senin (13/8).

Sebenarnya, kata dia, penyerahan SK dan berita acara pleno penetapan pemenang pilkada dilakukan tiga setelah pembacaan putusan pleno. Namun, Ketua DPRD Baubau menghadiri undangan pelaksanaan pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih, sehingga hasilnya langsung diserahkan. “Dan memang dalam regulasi, itu dibolehkan. Sedangkan tiga hari saja boleh. Apalagi kalau langsung setelah pleno dilakukan,” katanya.

Pelaksanaan pleno berlangsung dengan lancar. KPU mengaku tidak telat melaksanakan pleno setelah putusan MK terbit. “Regulasi masih memungkinkan dilaksanakan pleno sampai hari ini (senin, red). Kami menerima putusan MK pada hari Jumat (10/8). Kemudian kami sampai di Baubau Sabtu (11/8) untuk mempersiapkan pleno ini. Hari inilah kami melakukannya,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Baubau, Kamil Adi Karim mengungkapkan, setelah menerima SK dan berita acara pleno terbuka pasangan wali kota dan wakil wali kota terpilih, maka selajutnya akan ditindaklanjuti dengan rapat paripurna DPRD Baubau. “Kita segera proses. Hasil komunikasi yang sudah saya lakukan dengan sekretaris, kami akan menjadwalkannya pada hari Rabu (23/8),” jelasnya.

“Mengenai pelantikan, sesuai informasi dari LO pasangan walikota dan wakil walikota terpilih, akan dilaksanakan Kamis, 20 September 2018,” sambung politisi PAN itu.

Dalam pelaksanaan pleno penetapan tersebut, Wali Kota Baubau terpilih, AS Tamrin tidak hadir. Hasil konfirmasi dari Wakil Wali Kota Baubau terpilih, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PAN Kota Baubau itu sedang di luar kota. “Pak wali kota sedang di Jakarta. Ada kegiatan yang penting dan saya ditelpon langsung oleh dia (AS Tamrin, red) untuk mewakilinya,” ungkapnya.

Kata dia, setelah pleno tersebut, maka tanggung jawab baru sebagai pemimpin, menahkodai Kota Baubau sudah di depan mata. “Saya kira manusiawi, bahwa setelah pleno ini kita merasa senang. Namun ini menjadi beban dalam mengemban amanah dalam menyejahterakan masyarakat,” katanya. (ahi/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top