Pariwara
Edukasi

Siswa MAN IC Kendari Berlatih Public Speaking di Graha Pena

Siswa MAN Insan Cendikia (IC) Kendari berpose bersama trainer public speaking Heppy Chandrayana, M.I.Kom (belakang, tengah) usai training di aula Graha Pena Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan siswa MAN Insan Cendikia (IC) Kendari mengasah keterampilan berbicara di hadapan orang banya. Mereka dilatih dalam public speaking training oleh sang trainer Heppy Chandrayana, M.I.Kom. Kegiatan bertajuk Talk with Power “Reach Great Succes Through Great Speaking” itu digelar di aula Graha Pena Kendari Pos, Minggu (12/8/2018).

Pembina asrama MAN IC Kendari, Ramadan Koso, S.Hi mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk melatih siswa agar menguasai dan mahir public speaking dalam situasi apapun. Apalagi para siswa intens berinteraksi sosial sehingga penting dibekali pengetahuan dan penguasaan public speaking. Mereka harus dilatih cara berbicara santun dan tentu memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni. “Kita juga berharap anak-anak (siswa) ini tidak grogi saat berbicara pada semua situasi. Misalnya ketika presentase atau pidato,” ujar Ramadan Koso saat ditemui di Graha Pena Kendari Pos.

Trainer Heppy Chandrayana menjelaskan bahwa public speaking bukan hanya untuk public figur atau penceramah saja. Tapi, juga dibutuhkan para pelajar. “Public speaking ini kan dibutuhkan semua orang termasuk para siswa MAN IC Kendari,” ujarnya. Kunci sukses agar mahir maka harus menguasai strategi berbicara. Misalnya, mampu mengatur intonasi berbicara, mengolah vokal, kontak mata pada audiens, menyiapkan teks dengan maksimal. “Jika ini dikuasai maka akan menjadi pembicara andal. Bukan untuk memuaskan tetapi agar berkesan. Kalau mengesankan akan selalu diingat,” jelas Heppy Chandrayana yang juga motivator nasional ini. Ketua Panitia Training Public Speaking, Azzuhri Qadrawi Azis menuturkan acara itu diikuti lebih 300 siswa MAN IC Kendari. Ia berharap, pelatihan itu bisa memotivasi siswa. “Training ini membuat kita cerdas speaking,” ujarnya. (wan/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top