Pariwara
Kolaka Utara

Petani Kecil di Kolut Kesulitan Beli Pupuk Subsidi

KENDARIPOS.CO.ID — Belakangan ini, para petani di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) kesulitan mendapat pupuk bersubsidi. Padahal, pada gudang penyimpanan salah satu distributor besar di Kolut tersedia banyak stok. Namun diduga sudah diborong oknum tertentu. Para petani Kolut sempat mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) didampingi organisasi Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) untuk mempertanyakan hal tersebut. Mereka merasa jika hak petani kecil untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, dihambat.

Akisman, Warga Dusun II Desa Pitulua, Kolut, mengaku telah beberapa kali mendatangi distributor berbendera PT Bosowa di Desa Waguliwu. Sayangnya, pupuk-pupuk berlabel subsidi di gudang penyimpanan dikatakan sudah habis dan bahkan diakui telah terjual. “Sudah laku semua katanya, ada yang borong. Kalau mau pupuk, disuruh simpan uang dulu. Sudah lama seperti ini terus,” bebernya, akhir pekan lalu.

Akibatnya, ia bersama petani lain yang hendak membeli beberapa karung, harus pulang kecewa. Sementara jika ia harus membeli dari agen, harganya menjadi Rp 120 ribu, lebih mahal dari banderol distributor yang hanya Rp 70 ribu.

Ketua Pospera Kolut, Awaluddin, menduga, pupuk subsidi tersebut sengaja ditampung oleh distributor untuk diperjualbelikan pada oknum tertentu dengan jumlah besar. Upaya tersebut lebih memberikan peluang bisnis bagi agen, agar nantinya para petani membeli dengan harga lebih mahal. “Kasihan petani kita mau memupuk tanamannya, tapi harga mahal. Meminta ke distributor, justru dikatakan habis atau sudah ada pembelinya. Jadi mereka harus bagaimana,” mirisnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kolut, Surahman, mendesak komisi yang membidangi, membuat surat panggilan ke pihak Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian termasuk penyuluh dan distributor. “Kami bicarakan dulu kepastian waktu pertemuannya. Wajib hadir senin atau selasa siang,” janji Surahman. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top