Space Iklan
Pariwara
Metro Kendari

Perkuat Mental, Dilatih ala Militer, Peserta SMN asal Jabar Digembleng di Lanud HLO Kendari

MERAYAP: Peserta SMN mengikuti giat halang rintang, lintas alam, serta fun games panahan dan flying fox untuk melatih ketahanan fisik di Mako Lanud HLO Kendari, Minggu (12/8). Tampak beberapa siswa harus merayap untuk melewati halang rintang yang disiapkan instruktur. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak Sabtu (11/8) pagi, peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) sudah berada dalam gemblengan Pangkalan Udara (Lanud) HLO Kendari. Mereka dilatih ala militer oleh satuan TNI AU untuk memperkuat mental dan ketahanan fisik. Dua hari berada di Markas Komando AU, 30 siswa mengikuti serangkaian kegiatan. Mulai dari pengembangan wawasan bela negara, hingga latihan fisik yang menguras tenaga.

Kepala Dinas Operasi Lanud Haluoleo Mayor Lek Syamsul Rijal, ST memberikan sambutan luar biasa atas kedatangan puluhan siswa asal Jawa Barat (Jabar) itu. Seremoni penyambutan dilakukan anggota Lanud berseragam lengkap loreng biru putih. Dalam arahan singkatnya, Samsul Rijal mengucapkan selamat datang di Bumi Anoa.

“Kegiatan SMN ini merupakan momentum untuk adik-adik memupuk kebersamaan, saling mengenal budaya sebangsa dan se-tanah air. Sehingga merasa bangsa ini milik kita bersama, dan ini bangsa besar,” katanya. Usai paparan wawasan kebangsaan dan bela negara, siswa lanjut makan siang di salah satu rumah makan di Kendari. Mereka diperkenalkan dengan berbagai makanan khas daerah Sultra. Salah satunya Sinonggi.

Setelah itu, lanjut kegiatan bedah buku di Perpustakaan Daerah Sultra, Sabtu siang. Kemudian kembali ke Lanud HLO sore harinya. Siswa diajak malam renungan diiringi dengan pembakaran api unggun.

Minggu pagi (12/8), mereka latihan kekuatan fisik. Siswa melewati rintangan demi rintangan alam bebas di kawasan Lanud HLO. Di dalamnya ada banker peninggalan penjajah zaman dulu. Tak hanya sampai disitu, fisik siswa masih juga diuji dengan outbond. Mulai dari Flying fox, memanah hingga bongkar pasang senjata. Ada raut wajah kelelahan, namun semangat kuat siswa terus ditunjukkan sepanjang hari.

Kepada para peserta SMN, Samsul Rijal mengatakan untuk membela negara maka harus memiliki fisik yang kuat. Membela negara dapat dilakukan di mana saja dan kapanpun, akan tetapi rasa cinta tanah air harus dipupuk sejak dini. “Selain itu, yang terpenting ialah menjaga kekompakan tim. Memiliki tenggang rasa dan persaudaraan yang kuat, agar kita menjadi bangsa yang semakin hebat,” pesannya.

Pria yang akrab disapa Rijal itu berharap, semua latihan dan wawasan yang dibagikan ke siswa bisa bermanfaat dan menjadi bekal siswa untuk lebih mencintai tanah airnya. “Semoga ilmu selama dua hari bersama Lanud HLO bisa bermanfaat, mudah-mudahan ada diantara adik-adik juga yang menjadi TNI AU nantinya,” harapnya. Setelah seharian belajar ilmu kemiliteran, sorenya peserta SMN diajak panitai untuk bertemu Plt Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. Rencananya, hari ini (13/8), ada tiga kegiatan besar bakal dilakukan, yakni kunjungan ke PT Pos, Pegagaian hingga Pelindo. (b/ely)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top