Pariwara
Buton Utara

Pemprov Didesak Benahi Ruas Butur-Buton

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
PARAH : Kondisi jalan provinsi yang rusak parah di Kabupaten Butur. Warga dan pemerintah kabupaten mendesak Pemprov Sulawesi Tenggara segera melakukan perbaikan.

KENDARIPOS.CO.ID — Tercatat ada 103 kilometer panjang ruas jalan di Kabupaten Buton Utara (Butur) menjadi tanggung jawab Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara. Kondisi jalan yang menghubungkan Butur dengan Kabupaten Buton itu rusak parah dan sangat memprihatinkan. Belum ada tanda-tana jika akses transportasi lintas kabupaten tersebut akan dibenahi Pemprov sebagai pihak berwenang. Padahal masyarakat di Lipu Tinadeakono Sara itu terus menyuarakan dan mendesak Pemprov segera menunaikan tanggung jawabnya.

Menanggapi kondisi jalan provinsi yang rusak parah, Bupati Butur, Abu Hasan, mengaku, telah melakukan upaya koordinasi agar beberapa ruas segera dibenahi. “Saya sudah usulkan ke Pemprov Sultra agar dibenahi dalam anggaran perubahan, terutama pembenahan jalan Pongkowolu-Kambowa,” ujar Abu Hasan, Minggu (12/8). Mantan Karohumas Pemprov Sultra itu mengaku telah bertemu dengan Gubernur terpilih, Ali Mazi dan membahas secara khusus persoalan pengaspalan jalan provinsi.

“Saya sudah ketemu Pak Ali Mazi. Kalau tidak diperubahan, nanti pada APBD 2019,” tambahnya. Abu Hasan menambahkan, upaya peningkatan jalan provinsi menjadi status nasional bisa saja dilakukan. Asal, menghubungkan beberapa kabupaten dan masing-masing memilih branding daerah yang berdampak nasional.

“Misalnya, pariwisata. Jika produksi beras sudah melimpah dan kita dapat menyuplai pangan organik untuk kebutuhan nasional, bisa saja terwujud,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top