Pariwara
Politik

Masyarakat Diminta Tanggapi DCS

KENDARIPOS.CO.ID — Selama beberapa hari ke depan, daftar calon sementara (DCS) Pemilu 2019 akan diumumkan. Untuk memastikan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) memang benar-benar telah memenuhi persyaratan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Utara (Kolut) meminta masyarakat ikut mengoreksi dan memberi masukan.

Komisioner KPUD Kolut, Sumardin Pere berharap masyarakat lebih proaktif menanggapi DCS. Tanggapan masyarakat sangat membantu penyelenggara mengetahui track record pada calon. Dengan begitu, Bacaleg yang akan bertarung pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) 2019 sudah clear.

“Tanggapan ini sangat penting. Sebab jangan sampai ada Bacaleg yang memalsukan dokumen atau sejenisnya. Masukan yang disampaikan ke KPU bisa berupa perorangan maupun organisasi,” kata Sumardin Pere saat dikonfirmasi, Minggu (12/8).

Bila merujuk pada tahapan, pengumuman DCS akan berlangsung hingga tanggal 21 Agustus. Selama itu pula, masyarakat diberi kesempatan memberi masukan. Jika ada laporan, KPU akan menurunkan tim mencari fakta sekaligus memberi kesempatan pada Bacaleg atau Parpol melakukan klarifikasi. “Jika tanggapan masyarakat terbukti benar dan pelanggaran, KPU akan mengusulkan dilakukan pergantian,” tegasnya.

Sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT) tanggal 20 September, ia mengingatkan Bacaleg yang berstatus aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri harus segera mengajukan surat keputusan (SK) pemberhentian. Bila tidak, maka nama mereka tidak akan dimasukan dalam DCT.

Dari hasil verifikasi berkas, hanya 270 Bacaleg yang dinyatakan memenuhi syarat (MS). Sementara 21 Bacaleg lainnya dicoret lantaran tidak memenuhi syarat (TMS). “Jadi mereka gugur di dokumen persyaratan. Masih ada berkas yang tidak dilengkapi. Ada juga yang melakukan perbaikan. Hanya saja, sudah terlambat sebab tahapan perbaikan dokumen telah berakhir,” pungkasnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top