Pariwara
Metro Kendari

Kadinkes Sultra : Jangan Takut Imunisasi Campak !

Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Rahminingrum.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari terus memaksimalkan capaian target imunisisasi campak dan measles rubella (MR). Meski fatwa MUI belum keluar, dukungan keberlanjutan vaksinasi anak usia 9 bulan hingga 15 tahun itu sudah datang dari berbagai pihak. Sehingga, Dinkes Kendari tidak menunda pemberian imunisasi tersebut di sekolah-sekolah. “Jadi jangan takut imunisasi campak. Sejauh ini kita lakukan sejak 1 Agustus lalu semuanya lancar saja, dan sehat-sehat anak yang ikut,” ujar Kepala Dinkes Kota Kendari, drg.Rahminingrum, Minggu (12/8/2018).

Akhir pekan lalu, ia sudah menerima dua surat terkait instruksi untuk tetap melakukan imunisasi. Pertama datang dari Kementerian Dalam Negeri yang diteken Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Diah Indrajati, tertanggal 8 Agustus. Dalam surat itu tertulis, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian MR pada tahun 2020 maka kepala daerah diminta untuk mendukung pencapaian eliminasi tersebut.

“Selain itu, melakukan strategi nasional berupa kampanye pemberian imunisasi tambahan kepada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun, melakukan rakor dengan instansi terkait, mendukung operasionalisasi kegiatan dan melaporkan pelaksanaan imunisasi secara bertahap,” ungkap drg.Rahminingrum mengutip isi surat itu.

Surat lainnya datang dari dari PB Nahdlatul Ulama (NU). Salah satu organisasi Islam terbesar itu juga mendukung pelaksanaan imunisasi. dg.Rahminingrum mengatakan, dalam suratnya PBNU telah melakukan Bahtsul Masail tentang imunisasi pada 2011. Sedangkan MUI pada tahun 2016 menyatakan imunisasi pada dasarnya dibolehkan (mubah) sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh (imunisasi) dan mencegah terjadinya penyakit tertentu.

Untuk itu, NU mengimbau seluruh Pimpinan Wilayah NU untuk berpartisipasi mendukung program kampanye dan imunisasi campak MR di wilayah masing-masing. “Semoga ini bisa menghilangkan kekhawatiran orang tua. Dan imunisasi kita sukses sampai September,” tutup drg.Rahminingrum. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top